ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Unik Atasi Gejala PMS yang Nggak Kamu Tahu!

Cara Unik Atasi Gejala PMS yang Nggak Kamu Tahu!

13 Dec 2019

Cara Unik Atasi Gejala PMS yang Nggak Kamu Tahu!

Girls, kalau udah ngomongin masalah nyeri dan kram perut saat PMS, biasanya cara umum cewek atasi gejala tersebut dengan mengonsumsi obat pereda nyeri menstruasi, dan ada juga yang mengonsumsi ramuan tradisional seperti jamu sebagai cara alternatif, iya kan, Girls? Tapi, ternyata ada cara lain yang nggak banyak orang tau untuk mengatasi PMS lho, Girls. Cara tersebut adalah dengan memijat. Menurut The Complete Idiot’s Guide to Massage, yang ditulis oleh Joan Budilovsky dan Eve Adamson, dijelaskan bahwa tekanan pada bagian tubuh tertentu bisa meredakan gejala PMS.

  • Kembung, emosi tak terkendali.
  1. Tempatkan ibu jari pada sebuah titik, di area lipatan salah satu tungkai (belakang lutut). Tepatnya berjarak empat jari yang dirapatkan dari bagian tengah lipatan lutut. Titik tersebut berupa celah antara tulang dan tungkai otot.
  2. Setelah ditemukan, tekan area tersebut dengan gerakan memijat yang memutar.
  3. Lakukan selama 10 menit tanpa berhenti.
  • Nyeri perut dan pinggang.
  1. Untuk mengatasi nyeri perut, letakkan salah satu telapak tangan di perut, berjarak kira-kira 5cm dari pusar. Tekan perlahan dan, tahan hingga 10 hitungan. Kemudian lepaskan.
  2. Lakukan hingga 5 kali berturut-turut. Cara ini diketahui dapat mengurangi ketegangan otot perut.
  3. Lakukan hal yang sama untuk mengatasi nyeri pada bagian pinggang. Hanya saja dengan kedua telapak tangan masing-masing tepat di lekukan pinggang, menempel pada tulang panggul bagian atas.

So, simple banget kan, Girls? Kamu bisa mencoba cara baru ini kalau dirumahmu nggak ada obat pereda nyeri menstruasi ya, Girls. Tapi, ada hal penting yang harus kamu perhatikan, yaitu setiap kali pijatan dilakukan, tarik napas dalam-dalam supaya otot-otot mendapatkan asupan oksigen yang baik dan menjadi relaks.

Yuk, ajak teman-temanmu yang lain baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui cara memijat ini untuk meredakan nyeri menstruasi yang mereka alami!

Related Articles

First Timer
16 May 2019

Keputihanku Normal Apa Nggak ya?

Nggak cuma menstruasi, ternyata keputihan juga ada yang normal dan nggak normal, lho! Kalau keputiha...
First Timer
03 Sep 2019

Lagi Menstruasi? Enjoy Aja!

Menjelang menstruasi emang bisa jadi waktu yang paling nggak nyaman untuk para cewek. Hal ini dikare...
First Timer
23 Sep 2022

Darah Menstruasi Menggumpal, Berbahayakah?

Sama seperti warna darah menstruasi, konsistensi atau tekstur darah menstruasi kamu juga bisa berbed...