Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!

Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!

05 Aug 2019

Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!

Kram perut yang kamu rasakan pas lagi menstruasi pasti menyiksa banget kan, Girls? Kadang udah minum obat pereda nyeri, tapi tetap aja sakitnya nggak hilang. Sebenarnya nyeri atau kram perut adalah hal yang wajar dialami para cewek setiap menjelang atau selama menstruasi. Kondisi nyeri ini biasanya juga dibarengi pusing dan mual. Duh, pokoknya bikin nggak nyaman dan ganggu aktivitas banget deh!

Ternyata penyebab dari rasa nyeri ini adalah karena dalam lapisan rahim, tubuhmu memproduksi zat bernama prostagladin yang berfungsi memicu kontraksi otot untuk melepaskan sel dinding rahim, dan akhirnya menimbulkan rasa nyeri atau kram. Kadar zat prostagladin yang tinggi juga bisa memengaruhi kondisi tubuhmu jadi gampang merasa lemas, mual dan pusing. Nyeri bakal bertambah parah saat darah menstruasi keluar lewat leher rahim yang sempit, sehingga memicu peregangan dan menyebabkan rasa sakit.  Eits, tapi kamu nggak usah khawatir, Girls! Coba deh, lakukan beberapa hal di bawah ini supaya kram perutmu hilang!

  • Kompresan panas

Cara pertama ini sering banget ada di berbagai artikel tentang meredakan nyeri menstruasi, karena suhu panas memang bisa menenangkan otot rahim yang tegang. Kompresan panas dan mandi sore dengan air hangat bermanfaat untuk meredakan kram perut, jadi nyeri yang kamu rasakan pas menstruasi pasti bakalan hilang. Lebih bagus lagi kalau air hangatnya kamu tambahkan beberapa tetes minyak aromaterapi yang menenangkan, seperti lavender. Kamu juga bisa menggunakan botol atau kantong yang udah diisi air panas untuk mengompres bagian tubuhmu yang terasa nyeri. Kamu bisa melakukannya di rumah sebelum tidur supaya istirahatmu optimal.

  • Minuman hangat

Selain kompresan panas, mengonsumsi minuman panas juga bisa meredakan nyeri perut lho! Cokelat panas atau chamomile tea memiliki kandungan alami yang bisa meredakan ketegangan otot di rahim.

  • Stretching tungkai kaki

Stretching adalah cara paling baik untuk meredakan ketegangan. Perut berhubungan banget sama otot bagian bawah tubuh, makanya perlu dilakukan stretching khusus untuk bagian bawah tubuh seperti jalan-jalan pagi di sekeliling rumah selama 30 menit.

  • Bersantai

Nyeri menstruasi yang kamu rasakan disebabkan karena ketegangan otot rahim, jadi untuk meredakannya bisa dilakukan dengan sedikit beristirahat. Coba deh, luangkan waktu untuk sekadar bersantai sambil membaca atau mendengarkan musik. Manfaat bersantai nggak cuma untuk meredakan otot rahim yang tegang aja lho, tapi bisa juga membuat mood jadi lebih baik!

  • Pijat

Lakukan pijatan ringan di area perut yang terasa nyeri dan kram selama lima menit, dengan sedikit tekanan, gerakan melingkar, dan jangan terlalu keras.

  • Olahraga

Kamu pasti langsung berpikir, “Ah, males banget lagi kram perut gini malah disuruh olahraga!” Tapi nyatanya, para ahli kesehatan berpendapat kalau saat bergerak tubuhmu bakal memproduksi beta-endorfin (hormon yang berperan meredakan nyeri) yang bisa membuat kram perut jadi nggak terasa. Selain itu, mood-mu juga bakalan meningkat, yang membuatmu jadi terasa lebih fit dan siap untuk menjalani aktivitas!

  • Minum air yang cukup

Konsumsi air yang cukup bisa mengatasi kram otot perut saat menstruasi. Kecukupan air bisa meningkatkan kerja sistem sirkulasi. Kalau sistem sirkulasi lancar, maka otot perut nggak gampang tegang setelah berkontraksi mengeluarkan darah menstruasi.

  • Kayu manis

Para ahli udah memastikan kalau kayu manis bisa meredakan kram perut. Cara paling gampang adalah menaburkan sedikit bubuk kayu manis ke atas cokelat panas atau bisa juga mengonsumsi teh herbal yang mengandung kayu manis.

  • Obat pereda nyeri

Kalau nyeri PMS udah nggak tertahankan dan kamu lagi di luar rumah, kamu bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dibuat khusus untuk meredakan nyeri menstruasi. Tapi jangan mengonsumsi obat pas perutmu kosong ya, supaya tubuhmu siap untuk menerima obat. Selain itu, lihat aturan penggunaan obat yang ada di kemasannya supaya obat bisa bekerja secara optimal untuk meredakan nyeri PMS.

  • Makanan yang tepat

Pas lagi menstruasi, sebaiknya kamu mengurangi konsumsi kafein dan garam. Dibanding minum kopi tiap pagi, lebih baik kamu minum dark chocolate yang banyak mengandung magnesium untuk membantu meredakan ketegangan otot di perutmu. Selain magnesium, ada beberapa jenis vitamin dan mineral yang bisa membantu meredakan nyeri PMS-mu, yaitu magan dan kalsium. Jenis makanan yang mengandung dua unsur nutrisi itu bisa kamu temukan di alpukat, pisang dan yoghurt. Kamu juga bisa mencampurkan ketiganya jadi smoothy yang enak lho!

  • Tidur

Istirahat jadi hal yang penting banget pas lagi menstruasi lho! Karena dengan tidur, tubuhmu bisa memulihkan diri. Kalau tidurmu cukup, pertahanan tubuh untuk merespon nyeri bakal meningkat, sehingga nyeri PMS-mu bisa mereda.

Gimana, Girls? Cara-cara di atas praktis semua kan? Walaupun praktis, kram perut yang kamu rasakan pasti bakalan reda dengan cara-cara itu lho! Tapi, kalau kamu mengalami perdarahan yang berat dan rasa nyeri berlangsung lama, lebih baik langsung beritahu mama supaya bisa berkonsultasi ke dokter dan mendapat penanganan yang tepat. Mulai sekarang jangan malas lakukan semua cara di atas ya, karena kalau tubuhmu sehat, aktivitasmu juga nggak bakal terganggu, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau cara mengatasi kram perutnya pas menstruasi!

Related Articles

First Timer
14 Aug 2019

Jauhi 6 Kebiasaan Ini Biar PMS Nggak Makin Parah

Data lembaga kesehatan dunia, WHO menyatakan 50% perempuan usia produktif mengalami PMS yang relatif...
First Timer
21 Nov 2019

Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!

Ada kabar seru nih, Girls! Sebenarnya kamu nggak perlu mengalami hari-hari yang lemas dan nggak pede...
First Timer
04 Sep 2019

‘Kecelakaan’ di Sekolah

Girls, kamu sering nggak sih, melihat temanmu ‘kecelakaan’ pas menstruasi di sekolah? Du...