Cara Jitu Usir Kembung Menjelang Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Jitu Usir Kembung Menjelang Menstruasi

Cara Jitu Usir Kembung Menjelang Menstruasi

12 Aug 2019

Cara Jitu Usir Kembung Menjelang Menstruasi

Kamu sering mengalami kembung menjelang menstruasi nggak, Girls? Ternyata ada 70% perempuan yang mengalami kembung dan rongga perutnya berisi gas menjelang menstruasinya lho. Kondisi ini bisa dipicu sama naik turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron dalam tubuhmu. Tapi kamu nggak perlu khawatir, Girls! Kondisi ini sebenarnya gampang diatasi dan bakal reda setelah menstruasimu selesai kok. Supaya kembung yang kamu rasakan nggak berlangsung lama, lakukan cara-cara di bawah ini yuk!

  • Jangan mengonsumsi makanan yang mengandung gas

Buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk tubuh. Tapi, jenis sayuran dan buah tertentu ternyata bisa menyebabkan kembung lho! Jadi kalau dikonsumsi menjelang menstruasi, saat hormon yang memicu pengumpulan gas di rongga perutmu meningkat dan tubuhmu lagi menyimpan banyak air, lebih baik kamu jangan mengonsumsi makanan yang mengandung gas seperti kecambah, kol, kembang kol, brokoli dan selada. Karena jenis sayuran itu bisa memperburuk kondisi perutmu yang kembung. Kamu tetap bisa mengonsumsi sayuran, asal jangan yang udah disebutkan tadi ya! Kalau untuk buahnya, kamu bisa pilih stroberi dan jeruk, Girls.

  • Minum air putih

Saran untuk mengonsumsi air supaya nggak kembung emang terdengar aneh. Tapi nyatanya, kembung yang terjadi menjelang menstruasi ini disebabkan karena banyaknya air di dalam rongga perut. Tubuhmu bakal menyimpan air supaya nggak dehidrasi. Kalau kamu mengonsumsi air yang cukup sepanjang hari, tubuhmu bakal membuang air yang disimpan, jadi kembung bisa berkurang. So, pastikan untuk mengonsumsi minimal 8 gelas air per hari setiap menjelang menstruasi ya, Girls!

  • Mengunyah dengan mulut tertutup

Mengunyah dengan mulut tertutup nggak cuma sekadar etika kesopanan aja lho, Girls. Kalau kamu mengunyah sambil berbicara, maka dalam waktu yang bersamaan udara bakal masuk ke dalam saluran pencernaan dan bisa mengakibatkan kembung. Saat makan, lebih baik mengunyah dengan mulut tertutup dan pelan-pelan untuk melepaskan udara yang mungkin terperangkap di dalam kunyahan makanan itu.

  • Pilih makanan yang mengandung protein, potasium, sayuran hijau dan karbohidrat kompleks

Makanan yang mengandung potasium bisa kamu dapatkan dari pisang, tomat, dan asparagus. Kalau protein bisa dari kacang-kacangan dan salmon yang bakal membantu untuk menurunkan kadar hormon prostagladin yang diproduksi tubuhmu. Prostagladin adalah hormon yang bisa memicu kontraksi otot rahim dan kembung. Seledri, ketimun, semangka dan jus lemon juga punya manfaat sebagai pencahar alami, supaya cairan dalam tubuhmu bisa keluar dan kembungmu hilang. Selain itu, pilihlah sayuran hijau seperti brokoli, bayam, selada dan jenis karbohidrat kompleks seperti gandum atau beras merah yang juga bisa membantumu mengatasi kembung. Satu lagi, kamu bisa coba makan dalam porsi kecil tapi lebih sering supaya kadar gula darah dalam tubuhmu tetap terjaga, Girls!

  • Tetap berolahraga

Saat berolahraga, tubuhmu pasti mengeluarkan keringat. Proses itu ternyata bisa meredakan kembung di perutmu lho, Girls! Jenis olahraga yang disarankan adalah olahraga ringan seperti yoga, berenang atau jogging. Jangan olahraga yang terlalu berat, seperti crossfit karena bisa memicu pembengkakan dan kembung di rongga perut.

  • Kurangi alkohol, kafein, gula dan minuman berkarbonasi

Semua makanan dan minuman yang mengandung alkohol, gula, kafein atau minuman berkarbonasi lebih baik kamu kurangi dulu ya, Girls. Karena semua itu bisa memicu gangguan pencernaan dan dehidrasi yang membuat cairan di rongga perutmu berkumpul.

  • Kurangi makanan manis

Biasanya, saat menjelang menstruasi kamu jadi suka ngemil dan makanan yang dipilih adalah makanan manis, betul nggak, Girls? Hmm...mending kamu kurangi dulu kalau lagi PMS ya! Supaya nggak memicu reaksi hormon reproduksi yang berlebihan dalam tubuhmu.

  • Jangan konsumsi kedelai

Tempe, tahu dan kecap adalah bahan makanan yang mengandung kedelai. Sedangkan, kedelai itu mengandung estrogen, Girls. Asupan estrogen ke dalam tubuh akan semakin mengacaukan keseimbangan kadar hormonmu. Makanya, kalau kamu mengonsumsi jenis makanan yang terbuat dari kedelai justru bisa bikin kembung semakin parah.

  • Tidur yang cukup

Di malam hari, pengumpulan cairan yang terjadi di dalam rongga perut bisa diserap tubuhmu dengan baik. Makanya kamu disarankan banget untuk memenuhi waktu tidur malammu selama delapan jam setiap harinya, Girls.

  • Pakai kompresan hangat saat tidur

Saat otot perut menegang, perutmu terasa lebih penuh dan semakin nggak nyaman kan, Girls? Coba kompres perutmu pakai air hangat menjelang tidur dan baringkan tubuhmu dengan relaks, supaya kamu bisa tidur lebih nyaman dan siap untuk beraktivitas besok pagi.

Simple banget kan, Girls? Semua cara di atas bakal bikin kembungmu nggak berlangsung lama, supaya kamu tetap bisa beraktivitas dengan nyaman! Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau cara mengatasi kembung pas menjelang menstruasi!

Related Articles

First Timer
07 Jan 2020

Cara Praktis Atasi Kram Menstruasi

Kamu sering merasakan kram menjelang atau di awal menstruasi nggak, Girls? Kalau kamu sering merasak...
First Timer
27 Aug 2019

Masih Zaman Stres Pas Menstruasi?!

Saat menstruasi, kadar hormon reproduksimu pasti nggak stabil dan membuat emosimu kadang jadi labil ...
First Timer
23 Sep 2019

PMS atau Menstruasi? Siklus atau Durasi? Duh, Bingung!

“Aku PMS hari pertama tanggal 10 kemarin, dan siklusku cuma berlangsung lima hari doang”...