Cara Atasi Bad Day Menjelang Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Atasi Bad Day Menjelang Menstruasi

Cara Atasi Bad Day Menjelang Menstruasi

09 Jan 2020

Cara Atasi Bad Day Menjelang Menstruasi

Kamu pernah mengalami bad day nggak, Girls? Semua hal terasa nggak ada yang benar. Rasanya jadi mau marah sampai teman, adik atau bahkan pacar kena omelanmu. Eh, ternyata besoknya menstruasi. Baru deh, kamu sadar kalau itu adalah gejala PMS. Kamu pasti berharapnya semoga nggak ada yang sakit hati pas kamu marah-marah. Kondisi ini nggak enak banget kan, kalau terjadi terus menerus. Tapi kamu nggak perlu khawatir, karena kondisi ini bisa kamu atasi kok, Girls. Ada dua cara, yaitu:

  • Jangan begadang. Di usia remaja, kamu butuh lebih banyak waktu tidur, minimal delapan jam saat tidur malam. Tidur ini bisa bikin kesehatan mentalmu jadi seimbang. So, kamu bisa tahan sama stres, mood stabil dan tubuhmu nggak bereaksi secara berlebihan terhadap kadar hormon yang sedang naik turun menjelang menstruasi. Ingat ya, jangan begadang!

  • Tenang. Tugas sekolah yang datang dan nggak pernah habis ditambah aktivitas ekskul, semua itu bisa bikin tubuh dan pikiranmu stres lho. Sebenarnya kondisi ini bisa diatasi kalau kamu merasa tenang. Untuk menenangkan diri dari kegiatan rutinmu menjelang menstruasi, kamu bisa coba lakukan dengan cara berolahraga, mendengarkan musik atau mandi air hangat pakai sabun aromaterapi.

Sebenarnya, saat kadar hormon sedang naik turun menjelang menstruasi, kendali emosimu cenderung melonggar. Jadi sebelum kamu merasakan emosi yang nggak stabil, kamu bisa menandai hari pertama menstruasimu di kalender, hitung mundur sepuluh hari sebelumnya, lalu tandai lagi. Ini adalah waktu di mana tubuhmu mulai mengalami PMS dan ada kemungkinan emosimu mulai nggak stabil yang akhirnya bikin kamu merasa nggak nyaman.

Nah, setelah kamu tau cara mengatasi bad day menjelang menstruasi berarti kamu tinggal prepare deh! Nah, mulai sekarang kalau beberapa hari menjelang menstruasi kamu udah merasakan moody seperti gampang sedih, sensitif dan merasa nggak nyaman berarti kamu bisa prepare supaya gejala PMS ini nggak bikin orang-orang disekitarmu menjauh, Girls!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi bad day selain di atas? Tulis di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga untuk share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka bisa mengatasi bad day menjelang menstruasinya!

Related Articles

First Timer
03 Oct 2019

Fakta Unik Tentang Miss V

Sebagai bagian dari sistem reproduksi, vagina adalah organ yang paling luar. Mulai dari letak, bentu...
First Timer
29 Nov 2019

Muncul Bercak Cokelat Padahal Nggak Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu pernah nggak menemukan bercak kecokelatan di pakaian dalammu, tapi terjadi di luar siklu...
First Timer
04 Oct 2019

Menstruasi Itu Apa sih?

Setelah seorang cewek mengalami masa puber, seperti tumbuhnya payudara, biasanya cewek akan mengalam...