ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Ampuh Usir Lemas Pas Menstruasi!

Cara Ampuh Usir Lemas Pas Menstruasi!

10 Dec 2019

Cara Ampuh Usir Lemas Pas Menstruasi!

Girls, kamu pernah nggak, mengalami siklus menstruasi saat menjelang lebaran? Kalau iya, pastinya bikin kamu bete kan, karena jadi nggak bisa ikut sholat Ied nantinya. Jangan sedih, kamu masih bisa kok ikut berpartisipasi di lebaran nanti. Ikut bantu mama nyiapin hidangan kue lebaran atau menghias rumah misalnya. Eits…tunggu, tapi kamu nggak boleh lemas ya, Girls! Hmm…kira-kira kenapa ya, lemas pas menstruasi?

  • Sel darah merah

Darah menstruasi mengandung sel darah merah yang sehat. Sel darah merah ini berfungsi mengantarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh tubuh. Bila sel darah merah berkurang berarti tubuh nggak mendapatkan nutrisi dan oksigen sebanyak biasanya, inilah yang menyebabkan kamu merasa lemas. Sebenarnya kalau kamu sehat hal ini nggak akan terjadi, karena setelah sel darah merah meninggalkan tubuh, sejumlah sel darah merah lain akan diproduksi. So, intinya sangat penting jaga kesehatan, Girls.

  • Sehat selama menstruasi

Biar nggak lemas karena kekurangan sel darah merah saat menstruasi caranya gampang kok, Girls. Kamu cukup lakukan ini!

  1. Tidur malam cukup. Idealnya tubuh kamu membutuhkan waktu 8 jam istirahat di malam hari. Bila nggak cukup tidur tubuhmu akan jadi lemas karena merasa masih ngantuk, akibatnya mood jadi nggak OK.
  2. Kecukupan nutrisi juga hal penting lho, Girls. Pastikan makan cukup banyak protein, buah dan sayuran. Selain itu jangan lewatkan sarapan karena akan membantu kamu menjaga energi tubuh. Perlu kamu ingat, nggak perlu makanan berat, setangkup roti dan susu sudah cukup.
  3. Mandi. Pas bangun pagi, jangan berlama-lama di tempat tidur. Segera bangun, ke kamar mandi. Selain buat cek kondisi pembalut malam yang kamu gunakan, juga segera mandi. Mandi pagi bikin suasana hati jadi baik, dan membangkitkan semangat karena tubuh kembali segar, Girls.
  4. Dengarkan musik favorit yang nge-beat. Musik bisa memengaruhi suasana hati, kalo dari pagi udah happy maka seharian kita bakalan happy terus. Kalau mau lebih ok, bisa cari kata-kata motivasi di internet. Biar kamu lebih positif.

Yuk, coba tips di atas biar kamu nggak lemas saat menstruasimu datang di siklus berikutnya, Girls. Jadi kamu bisa tetap ikutan bantu-bantu mama siapin lebaran. Jangan lupa juga untuk selalu tersenyum ya, biar keceriaanmu menular seisi rumah. Cheer up, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu baca artikel ini ya, Girls! Supaya mereka juga mengetahui cara atasi lemas saat menstruasi!

Related Articles

First Timer
27 Feb 2020

Yakin Kamu Udah Dewasa? Buktikan yuk!

Girls, masa transisi dari remaja menuju dewasa biasanya disebut sebagai puber, di masa inilah kamu b...
First Timer
21 Jul 2022

Pendarahan di antara Menstruasi, Normalkah?

Siklus menstruasi rerata perempuan berkisar pada rentang 21–35 hari. Artinya, seorang perempua...
First Timer
09 Sep 2019

Banyak Larangan Pas Menstruasi, Benar Nggak sih?

Girls, kamu pernah nggak sih, menahan diri pas menstruasi karena ada larangan-larangan tertentu yang...