Cara Aman Pakai Toilet Umum
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Cara Aman Pakai Toilet Umum

Cara Aman Pakai Toilet Umum

07 Oct 2019

Cara Aman Pakai Toilet Umum

Girls, mungkin selama ini kamu mikir kalau toilet umum itu cuma yang ada di stasiun, terminal atau bandara aja. Hmm...padahal toilet di mall dan restoran juga termasuk toilet umum karena dipakai bersama-sama. Sesuai hasil penelitian kesehatan, diketahui kalau penularan virus, bakteri dan jamur besar kemungkinan terjadi di toilet umum lho. Makanya, supaya kamu terhindar dari risiko penularan virus, perhatikan hal-hal di bawah ini yuk, Girls!

  • Tisu

Pastikan untuk selalu membawa tisu ke toilet. Walaupun di toilet mall atau restoran selalu tersedia tisu, nggak ada salahnya kalau kamu prepare kan, Girls?

  • Cairan antiseptik

Sekarang ini udah tersedia cairan antiseptik dalam botol kecil yang bisa disemprotkan atau spray. Cairan ini bisa dipakai untuk membersihkan dudukan toilet sebelum kamu pakai, Girls. Kamu cukup semprotkan ke atas dudukan toilet, dan lap sampai bersih dengan tisu.

  • Pakai dengan benar

Jangan berjongkok kalau toilet yang kamu pakai adalah jenis toilet duduk, karena bisa bikin urine tercecer di dudukan toilet. Kalau di toilet umum itu ada kertas pelapis toilet, mending kamu pakai supaya tetap terjaga kebersihannya.

  • Bersih-bersih

Kalau di toilet umum yang kamu pakai tersedia semprotan air, semprot dari arah depan ke belakang, lalu keringkan area vaginamu dengan tisu. Tapi kalau memang cuma ada tisu, maka pakailah untuk membersihkannya. Arah gerakannya juga sama, Girls, dari depan ke belakang. Jangan sampai salah ya! Karena kalau kamu melakukan sebaliknya, maka bisa bikin virus, bakteri atau jamur dari saluran pembuangan berpindah ke area vaginamu.

  • Mengganti pantyliner

Setelah BAK atau BAB, kamu disarankan untuk mengganti pantyliner pas lagi nggak menstruasi. Pastikan untuk membersihkan tanganmu dengan cairan antiseptik sebelum menggantinya. Satu lagi, jangan pegang bagian tengahnya, supaya pantyliner-mu tetap steril, Girls!

  • Bersih dan rapikan toilet

Pastikan tisu dan bungkus pantyliner yang kamu pakai benar-benar masuk ke dalam keranjang sampah yang tersedia, dan dudukan toilet yang habis kamu pakai nggak basah.

  • Tekan tombol flush

Setelah selesai, jangan lupa untuk menyiram toilet. Hormatilah orang lain yang akan menggunakan toilet setelahmu, Girls.

  • Cuci tangan

Ingatlah untuk selalu mencuci tangan dengan sabun setelah kamu BAK atau BAB di toilet umum. Setelah menekan tombol flush, kamu juga disarankan untuk mencuci tanganmu lagi karena kamu nggak tau kan, udah berapa banyak orang yang menekan tombol itu.

Nah, sekarang kamu tau kan, apa aja yang harus dilakukan saat memakai toilet umum? Hal-hal di atas memang perlu dilakukan, karena toilet umum dipakai setiap hari oleh banyak orang. Walaupun udah dibersihkan, tapi pasti ada kemungkinan untuk kuman dan bakteri bersarang di toilet, iya kan? Makanya, mulai sekarang kamu harus lebih aware sama kebersihan lingkunganmu ya, karena dengan begitu kamu bisa mengurangi risiko terjadinya gangguan kesehatan reproduksimu. So, be clean and stay healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
27 Nov 2019

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Biasanya setelah kamu selesai menstruasi, kamu akan berpikiran nggak perlu pakai pembalut lagi, iya ...
First Timer
08 Aug 2019

5 Kategori PMS yang Perlu Kamu Tau!

PMS (Pre-Menstrual Syndrome) atau gejala sebelum menstruasi yang dialami setiap cewek pada dasarnya ...
First Timer
05 Dec 2019

Haruskah Alami PMS Sebelum Menstruasi?

Girls, sampai saat ini sebenarnya belum dapat dipastikan pemicu utama seorang perempuan mengalami PM...