ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Boleh Nggak sih, Pembalut Malam Dipakai Siang Hari?

Boleh Nggak sih, Pembalut Malam Dipakai Siang Hari?

25 Sep 2019

Boleh Nggak sih, Pembalut Malam Dipakai Siang Hari?

Girls, sekarang ini pembalut udah dibuat sesuai dengan kebutuhan para cewek saat menstruasi. Hal yang diperhatikan sama produsen bukan cuma banyaknya cairan darah yang keluar aja, tapi waktu pemakaiannya juga dikhususkan seperti pembalut siang dan malam. Kira-kira apa bedanya ya? Salah nggak sih, kalau pembalut malam dipakai saat siang hari?

Berdasarkan penelitian, kebocoran darah menstruasi yang dialami para cewek saat tidur malam adalah 81% ke arah belakang dan 27% ke samping. Kebocoran ini terjadi karena saat tubuhmu berbaring, aliran darah menstruasi yang keluar dari saluran vagina akan mengalir ke sisi yang lebih rendah mengikuti posisi tidurmu. Misalnya, kalau tidurmu terlentang berarti darah akan mengarah ke belakang, lalu kalau posisi tidurmu ke satu sisi aja, maka darahnya akan mengalir ke samping.

Inilah yang bikin pembalut malam diproduksi dengan bentuk yang berbeda. Karena menyesuaikan aliran darah menstruasi saat malam hari, yaitu melebar di bagian belakang dan samping. Ukurannya juga lebih panjang dari pembalut untuk siang hari. Makanya, pembalut malam bisa melindungimu dari kebocoran saat tidur malam, Girls.

Bentuk dan daya perlindungan pembalut malam yang optimal ini bikin sebagian cewek memilih untuk memakainya di siang hari saat aliran darah menstruasi lagi deras. Sebenarnya boleh aja kok, kamu melakukannya. Tapi ada yang harus kamu pertimbangkan kalau mau memakai pembalut malam di siang hari, yaitu kulitmu jadi berisiko lebih sering terkena gesekan. Bentuk pembalut malam yang lebih panjang dan lebar pasti lebih banyak menutupi bagian kulitmu. Kalau dipakai siang hari, saat kamu lebih aktif dan banyak bergerak daripada malam hari, maka pembalut akan lebih sering bergesekan dengan kulitmu. Kondisi itulah yang bisa memicu terjadinya lecet yang bikin kamu nggak nyaman selama menstruasi.

Mulai sekarang mending kamu pikirkan dulu ya, risiko yang ada sebelum kamu memakai pembalut malam di siang hari. Karena pembalut sekarang ini udah diproduksi dengan baik sesuai dengan kebutuhanmu kok. Jadi, kamu tetap bisa merasa aman dan nyaman selama beraktivitas ataupun tidur di malam hari pas menstruasi, Girls.

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
12 Nov 2021

Ampuh! Atasi Anemia dengan Zat Besi Saat Menstruasi 

Hai, girls! Siapa nih di sini yang sering banget dihantui oleh gejala PMS menjelang menstruasi ataup...
First Timer
13 Dec 2019

Menstruasi Saat Lebaran? Asyikin Aja!

Girls, menstruasimu datang pas banget di hari lebaran? Hmm…kamu nggak perlu merasa sedih kare...
First Timer
13 Aug 2019

Kata Siapa, Menstruasi Cuma Bikin Kulit Jadi Jerawatan Doang?

Girls, hormon-hormon yang mengatur menstruasi nggak cuma mengganggu mood, bikin nyeri perut dan nafs...