Bicara Soal Menstruasimu Sama Orang Tua? Pasti Bisa Kok!
ask dr laurier

Bicara Soal Menstruasimu Sama Orang Tua? Pasti Bisa Kok!

Bicara Soal Menstruasimu Sama Orang Tua? Pasti Bisa Kok!

12 Dec 2019

Bicara Soal Menstruasimu Sama Orang Tua? Pasti Bisa Kok!

Girls, kamu suka malu nggak sih, kalau ngomongin masalah menstruasi ke ortu? Pasti kamu nggak kepikiran kan bagaimana caranya bertanya atau ngobrol sama orang tuamu masalah menstruasi dan pertumbuhanmu. Hmm…tapi, sebenarnya nggak susah kok, Girls, karena orang tua, terlebih mama, udah lebih dulu pernah mengalami proses ini. Jadi, mama pasti mengerti, rasanya nggak nyaman karena nggak dapat informasi yang cukup. Jadi, bagaimana ya caranya, supaya nggak canggung bicara tentang menstruasi sama ortu?

  • Tentunya akan lebih nyaman kalau kamu bertanya pada mama tentang menstruasi dan proses pertumbuhanmu. Awalnya bisa dimulai dengan apa yang dialami dan bagaimana perasaan mama saat remaja, kemudian tanyakan tentang pengalaman menggunakan bra pertama, menstruasi, dll. Saat mama mulai bercerita, maka kamu bisa menyisipkan pertanyaan dan perasaan-perasaan tentang dirimu saat ini.
  • Kalau kamu malas bertanya, kamu bisa menggunakan momen belanja mingguan bersama mama. Saat beberlanja, ajak mama ke rak pembalut dan minta mama membantu memilihkan. Maka mama akan segera tahu bahwa kamu sudah siap diberi informasi tentang menstruasi dan proses pertumbuhan.
  • Kalau kamu tinggal hanya bersama papa, jangan cemas. Papa juga tahu kok tentang menstruasi. Tapi, kalau kamu merasa sulit berkomunikasi tentang hal ini pada papa, dan nggak punya kerabat perempuan, seperti tante atau nenek yang bisa dimintai tolong atau dijadikan tempat bertanya, kamu bisa langsung membuatkan daftar belanjaan kebutuhan menstruasimu. Biasanya papa langsung tahu kok bahwa kamu udah siap mendapatkan informasi tentang hal ini.
  • Cara lain yang bisa dicoba, supaya kamu nggak merasa malu banget, adalah mengirimkan pesan via messanger, atau mengirimkan image yang menggambarkan kebutuhan kamu mendapatkan informasi tentang menstruasi, dan pertumbuhanmu.

Jangan malu bertanya dan mendapatkan informasi tentang menstruasi dan pertumbuhan dari ortu ya, Girls. Mereka tahu kalau ada saatnya kamu perlu penjelasan ini. Kalau kamu bertanya pada mereka, pastinya mereka merasa sangat dihargai, karena kamu memilih mereka di antara berbagai sumber informasi yang dapat diakses dengan mudah saat ini. Tapi, kalau kamu tetap merasa sulit berbicara dengan ortu, maka kirimkan saja pertanyaanmu ke https://menstruasi.com/Home/askDrLaurier semua pertanyaan akan dijawab kok, jadi kamu nggak perlu malu.

Yuk, ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa berbicara dan bertanya tentang masalah menstruasinya ke ortu mereka!

Related Articles
First Timer
18 Nov 2019

3 Tips Simple Cegah Nyeri Menstruasi

Girls, nyeri pas menstruasi pasti bukan hal yang mengejutkan lagi buat kamu yang udah pernah merasak...
First Timer
11 Dec 2019

Yuk, Cegah Infeksi Jamur, Sebelum Terlambat!

Girls, salah satu infeksi yang harus kamu waspadai yaitu, infeksi jamur. Jamur adalah salah satu flo...
First Timer
26 Nov 2019

Bebas Lesu Saat Menstruasi

Kebanyakan cewek mengeluhkan bahwa mereka merasa lemas dan lebih suka leyeh-leyeh saat menstruasi. K...