Bete Pas PMS? Nggak Lagi deh!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bete Pas PMS? Nggak Lagi deh!

Bete Pas PMS? Nggak Lagi deh!

25 Nov 2019

Bete Pas PMS? Nggak Lagi deh!

Girls, menjelang menstruasi biasanya semua sistem dan organ tubuhmu bakal bereaksi terhadap naik turunnya hormon reproduksi. Kondisi ini menyebabkan hal-hal yang nggak biasa, termasuk juga gangguan emosi. Pada fase ini, kamu bakal menjadi lebih sensitif, gampang marah, dan sedih. Tapi yang paling sering dialami adalah cepat merasa bosan atau bete, iya kan, Girls?

Berbeda dari nyeri menstruasi, bete menjelang menstruasi biasanya nggak ditangani dengan tepat. Akibatnya kamu jadi lebih sering asal-asalan, dan mulai banyak ngemil, karena kamu pikir itu akan bikin kamu merasa lebih happy. Eits, ternyata hal itu justru membahayakan lho! Nah, supaya hal ini nggak terjadi lagi, kamu bisa coba mencegahnya dengan 6 tips ini, Girls!

  • Ubah rutinitas

Girls, bosan bisa terjadi karena hal yang sama dan dilakukan berulang-ulang. Misalnya kamu selalu nonton film romantic comedy, so...coba deh, sesekali nonton film thriller. Atau kalau kamu selalu mendapat tugas membersihkan meja setelah makan, coba bertukar peran dengan adik atau kakakmu yang bertugas merapikan meja sebelum makan. Pasti mood kamu akan merasa lebih baik, Girls.

  • Bertindak aktif

Girls, daripada kamu menunggu diajak temanmu untuk melakukan sesuatu, coba sesekali kamu yang mengajak temanmu duluan untuk melakukan sesuatu, seperti hangout atau saling curhat. Hal ini akan membuatmu nggak merasa kesepian, jadi kamu nggak bakal bete lagi deh, Girls.

  • Membantu orang lain

Coba kamu melakukan sesuatu buat orang lain, hal ini cenderung bakal bikin kamu merasa bermanfaat dan lebih berarti buat mereka, dan pastinya bisa bikin kamu jadi tambah happy, Girls!

  • Olahraga

Kamu udah sering dengar tips ini kan, Girls? Tapi, hal ini memang harus kamu lakukan walau cuma dengan gerakan simple lho. Karena dengan banyak bergerak, tubuhmu akan menghasilkan hormon endorfin yang bisa membuat perasaanmu jadi lebih ringan dan nggak bete lagi, Girls.

  • Jangan membandingkan

Berhentilah berpikir kalau hidup orang lain lebih baik daripada kamu. Setiap orang pasti pernah merasakan senang, sedih, panik, menang dan kalah. Jadi, jangan pernah membandingkan kehidupanmu dengan orang lain lagi ya, Girls. Fighting!

  • Jangan menyerah pada emosi negatif

Girls, keseruan hidup yang kamu jalani sangat tergantung sama kebiasaanmu dan bagaimana cara kamu menikmatinya. Sebaiknya, kamu melakukan hobi atau kegiatan yang kamu suka untuk menghilangkan rasa bete kamu.

Simple banget kan, Girls? Sebenarnya kamu lebih tau dan lebih cerdas dari yang kamu pikirkan buat menghilangkan rasa bete. Tanpa disadari, kamu akan melakukannya karena kebiasaan yang ada di diri kamu. Tapi, kalau tips di atas ada yang belum pernah kamu lakukan, kamu boleh mencobanya kok, dan buat harimu senyaman mungkin ya, Girls! Let’s enjoy your life!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka bisa mengatasi rasa bete pas PMS!

Related Articles

First Timer
06 Nov 2020

Yuk, Kenali Arti 7 Macam Warna Darah Menstruasi!

Mungkin enggak banyak perempuan yang benar-benar memerhatikan warna darah menstruasi di pembalut mer...
First Timer
26 Jan 2022

Tipe Spider-man yang Mana Kamu?

[SPOILER ALERT] Buat kamu yang belum nonton Spider-man: No Way Home, artikel ini mengandung spoiler....
First Timer
02 Dec 2019

Jerawatan Pas PMS? Atasi dengan 4 Tips Ini!

Jerawat yang tiba-tiba muncul menjelang menstruasi pasti menyebalkan banget, iya kan, Girls? Saat me...