Bersih dan Segar Setelah Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Bersih dan Segar Setelah Menstruasi

Bersih dan Segar Setelah Menstruasi

11 Oct 2019

Bersih dan Segar Setelah Menstruasi

Setelah menstruasi, kamu sering merasa aroma vaginamu jadi cenderung tajam nggak sih, Girls? Kondisi itu pasti bikin kamu nggak nyaman dan nggak percaya diri. Iya kan? Nah, sebenarnya aroma yang tercium itu disebabkan karena adanya sel darah menstruasi yang masih menempel di dinding dalam saluran vaginamu, Girls.

Biasanya kondisi ini berlangsung beberapa hari, sampai cairan vagina membersihkan semua sel darah menstruasi yang menempel, dan membawanya keluar. Tapi kalau kamu merasa risih dengan aroma nggak sedap itu, kamu bisa lakukan beberapa hal di bawah ini, Girls:

  • Mandi secara teratur dan bersihkan area vagina dengan air hangat.
  • Rapikan bulu pubis secara berkala supaya sirkulasi udara ke permukaan kulit di area vaginamu tetap lancar.
  • Selama menstruasi, jangan lupa untuk mengganti pembalut setiap empat jam sekali. Hal ini bisa mencegah terjadinya iritasi yang biasanya memicu pertumbuhan bakteri penyebab infeksi.
  • Langsung ganti celana dalam yang udah terasa lembap dan ganti setiap habis selesai mandi.

Kalau kamu merasakan nyeri, gatal di kulit sekitar vagina dan aroma tajam yang disertai cairan berwarna (kekuningan, cokelat atau hijau) setelah menstruasi, sebaiknya kamu langsung periksakan diri ke dokter ya, Girls. Karena kondisi tersebut bisa menandakan terjadinya infeksi di saluran vaginamu, sehingga perlu diatasi supaya nggak memicu gangguan lain yang lebih serius.

Mulai sekarang, kamu harus selalu menjaga kebersiha diri, terutama area vaginamu. Karena kamu akan selalu mengalami menstruasi setiap siklusnya, di mana area vaginamu akan lebih sensitif. So, keep your healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka bisa kembali segar setelah menstruasi!

Related Articles

First Timer
26 Jan 2022

Gangguan Menstruasi yang Sering Terjadi Pada Wanita

Tidak sedikit wanita mengalami gangguan menstruasi. Mulai dari siklus menstruasi yang maju mundur, d...
First Timer
04 Jun 2021

Arti 7 Warna Darah Menstruasi dan Pengaruhnya Bagi Kesehatan Kamu

Pernah gak sih kamu panik gara-gara warna darah menstruasi kamu beda dari biasanya? Misalnya tiba-ti...
First Timer
10 Sep 2019

‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi

Saat menstruasi, para cewek pasti butuh benda yang bisa menyerap darah menstruasi yang keluar. Benar...