ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Berapa Banyak ya, Cairan yang Dibutuhkan Pas Menstruasi?

Berapa Banyak ya, Cairan yang Dibutuhkan Pas Menstruasi?

18 Sep 2019

Berapa Banyak ya, Cairan yang Dibutuhkan Pas Menstruasi?

Girls, kamu harus tau nih, kalau para ahli kesehatan reproduksi menyarankan supaya kamu memenuhi kebutuhan cairan tubuhmu saat menstruasi. Kenapa ya? Hal ini dilakukan supaya nggak terjadi pengumpulan cairan berlebihan yang bisa memicu terjadinya kembung dan kram. Kira-kira berapa banyak ya, cairan yang dibutuhkan tubuh saat menstruasi? Cukup nggak sih, meminum delapan gelas air mineral sehari?

Kamu mungkin udah terbiasa mendengar saran untuk meminum air sebanyak delapan gelas sehari, karena itu adalah saran rata-rata. Kebutuhan cairan setiap orang sebenarnya berbeda-beda tergantung berat badan dan aktivitas rutin yang kamu jalani. Nah, supaya kamu nggak bingung dalam menghitung kebutuhan cairanmu, coba lakukan cara di bawah ini yuk!

  • Sesuai rumusan nutrisi dari Departemen Kesehatan, kebutuhan air setiap orang adalah 30 ml per kilogram berat badan. Jadi, kalau berat badanmu adalah 45 kg, maka kebutuhan cairanmu setiap hari adalah 45 x 30 ml = 1.350 ml atau 1,3 liter.

  • Kalau kamu berolahraga selama 30 menit, berarti kamu perlu mengonsumsi tambahan cairan sebanyak 355 ml. Jadi, kalau kamu lagi menstruasi dan melakukan stretching selama 30 menit di pagi hari, jangan lupa untuk menambahkan asupan cairanmu sebanyak 355 ml ya! Totalnya kamu perlu mengonsumsi air sebanyak 1.350 + 355 = 1.705 ml atau 1,7 liter.

Pemenuhan cairan saat menstruasi memang penting banget untuk kamu lakukan karena hal ini bisa meredakan kram otot perut dan mengurangi pengumpulan cairan di rongga perut yang menjadi penyebab kembung. Jadi, selain emergency kit yang isinya pembalut, pantyliner dan underwear, kamu juga perlu membawa botol air minum ya! Hal ini dilakukan supaya kebutuhan cairan di dalam tubuhmu bisa terpenuhi dan kamu tetap semangat beraktivitas walaupun lagi menstruasi, Girls!

Jangan lupa untuk share artikel ini supaya teman-temanmu yang lain tau seberapa banyak asupan cairan yang dibutuhkan tubuhnya selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
11 Sep 2019

Emergency Kit Pas Menstruasi

Di usia remaja seperti sekarang ini, saat proses pertumbuhan fisikmu masih berlangsung, maka tubuhmu...
First Timer
07 Aug 2019

Capek Pas Menstruasi? Yuk, Usir Pakai 4 Langkah Ini!

Menstruasi bisa jadi saat yang nggak menyenangkan buat para cewek, karena mereka bakal mengalami ber...
First Timer
31 Aug 2019

Kenapa Cuma Cewek yang Menstruasi?

Kamu punya sahabat cowok dari kecil nggak, Girls? Wah, pasti seru deh! Di masa remaja saat kamu mula...