Bentar Lagi Menstruasi? Keep Calm Aja!
ask dr laurier

Bentar Lagi Menstruasi? Keep Calm Aja!

Bentar Lagi Menstruasi? Keep Calm Aja!

16 Sep 2019

Bentar Lagi Menstruasi? Keep Calm Aja!

Menjelang sampai beberapa hari di awal menstuasi, biasanya para cewek susah mengendalikan emosinya. Benar kan, Girls? Kondisi ini bisa semakin buruk kalau kamu merasakan gangguan PMS seperti sakit perut, kram, mual, pusing dan lemas. Akhirnya kamu malah merasa nggak nyaman, sensitif, susah bersikap seperti biasa, dan nggak tenang. Nah, supaya kondisi ini nggak berlangsung lama, kamu bisa mengatasinya dengan cara-cara di bawah ini, Girls:

  • Terus terang

Sebelum situasinya makin nggak enak, bilang aja ke orang-orang terdekatmu kalau kamu lagi moody karena PMS. Kalau udah begitu, biasanya mereka bakal paham kok, atau bahkan berusaha bikin mood-mu jadi lebih baik.

  • Relaksasi

Mendengarkan musik yang ceria atau makan cokelat adalah cara praktis yang bisa kamu lakukan untuk merelaksasikan diri. Semakin kamu merasa santai, mood-mu pasti bisa terkendali. So, kamu jadi nggak terlalu moody deh!

  • Memanjakan diri

Kamu jangan cuma mikirin pergi ke tempat spa aja, karena kamu bisa melakukan kegiatan yang sederhana seperti memasang aromaterapi di kamarmu supaya pas bangun di pagi hari kamu siap berangkat ke sekolah dan nggak terlalu merasa tegang. Setelah itu, kamu juga bisa pakai parfum kesukaanmu supaya semakin relaks dan nyaman, Girls.

  • Konsumsi nutrisi yang tepat

Saat sarapan, pilihlah makanan berprotein seperti telur, susu dan keju. Selain bisa bikin tubuhmu berenergi, protein ini juga bisa bikin mood-mu jadi lebih baik.

  • Emergency step

Kalau mood-mu udah benar-benar nggak nyaman atau bahkan sampai mual dan sakit perut, nggak ada salahnya kok, kalau kamu mau menyendiri atau ijin ke luar kelas pas lagi di sekolah. Kamu bisa sambil menenangkan diri dengan cara minum segelas air, tarik napas dalam-dalam, lalu hembuskan. Lakukan beberapa kali sampai kamu merasa lebih relaks sebelum kembali menjalankan aktivitasmu.

Cara-cara di atas bisa kamu lakukan supaya kamu bisa mengendalikan mood menjelang dan di awal menstuasi. Hal ini dilakukan supaya nggak banyak orang yang “sakit hati” karena moody yang kamu rasakan, Girls! So, jangan ragu mencoba salah satu cara di atas untuk mengatasi moody-mu ya, supaya hubungan dengan temanmu selama menstruasi tetap baik dan kamu juga bisa happy lagi, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa mengendalikan emosinya pas menstruasi!

Related Articles
First Timer
10 Sep 2019

‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi

Saat menstruasi, para cewek pasti butuh benda yang bisa menyerap darah menstruasi yang keluar. Benar...
First Timer
05 Dec 2019

Haruskah Alami PMS Sebelum Menstruasi?

Girls, sampai saat ini sebenarnya belum dapat dipastikan pemicu utama seorang perempuan mengalami PM...
First Timer
08 Aug 2019

Migrain Pas Menstruasi, Kenapa ya?

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami migrain saat menstruasi? Kamu harus tau nih, kalau penelitia...