ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

07 Oct 2022

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untuk menghilangkan nyeri perut saat menstruasi. Bahkan banyak juga para ibu yang menyarankan anaknya untuk mengonsumsi minuman berbahan dasar kunyit ketika mengalami nyeri perut di awal menstruasi. Namun benarkah kunyit memang bisa mengatasi masalah ini atau hanya mitos saja?

Penyebab Nyeri Perut saat Menstruasi

Nyeri perut saat menstruasi pada dasarnya hal yang wajar dan hampir dialami sebagian besar perempuan dengan tingkat yang berbeda pada setiap orang. Penyebabnya adalah adanya kontraksi pada otot rahim saat meluruhkan dinding rahim. Biasanya rasa sakit ini akan menghilang dalam waktu 24 jam atau ada juga yang mengalaminya hingga hari ketiga menstruasi.

Terutama untuk kamu yang masih berusia remaja, biasanya nyeri ini lebih terasa dan bisa berlangsung selama beberapa hari. Hal ini wajar karena tubuh sedang dalam proses mematangkan organ reproduksi. Seiring dengan pertambahan usia dan kematangan organ reproduksi, rasa sakitnya akan berangsur berkurang. Namun, ketika mulai menuju ke usia menopause rasa nyeri ini bisa kembali muncul. Bahkan bisa lebih parah dari sebelumnya, karena kadar hormon yang naik dan turun tanpa terduga.

Kunyit untuk Mengatasi Nyeri Perut saat Menstruasi

Meskipun hal yang wajar, tetapi nyeri ini pastinya mengganggu aktivitas keseharianmu sehingga kamu pasti berusaha untuk mengurangi rasa sakitnya, terkadang salah satunya dengan mengonsumsi minuman kunyit.

Kunyit memiliki kandungan curcumin yang dapat menghambat produksi hormon prostaglandin yang menjadi penyebab terjadi peradangan dan nyeri pada menstruasi. Selain itu, kandungan curcumin tersebut juga bersifat anti peradangan serta antioksidan sehingga dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Bahkan manfaat kunyit sebagai pereda nyeri bisa digunakan tidak hanya untuk mengatasi nyeri menstruasi saja, tetapi juga nyeri akibat masalah kesehatan lainnya.

Related Articles

First Timer
03 Sep 2019

Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!

Sama halnya seperti perubahan tubuh yang berlangsung selama masa puber, menstruasi juga kadang bikin...
First Timer
22 Sep 2021

Kenapa Muncul Keputihan Setelah Menstruasi?

Beberapa wanita sering bingung ketika mengalami keputihan setelah menstruasi. Biasanya, pada be...
First Timer
17 Dec 2019

Makanan Super Pereda PMS

Girls, kamu pernah nggak sih, bertanya seperti “kenapa aku selalu mengalami nyeri saat PMS?&rd...