Benar Nggak sih, Warna Darah Menstruasi Selalu Merah?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Benar Nggak sih, Warna Darah Menstruasi Selalu Merah?

Benar Nggak sih, Warna Darah Menstruasi Selalu Merah?

09 Dec 2019

Benar Nggak sih, Warna Darah Menstruasi Selalu Merah?

Girls, kalau darah menstruasimu yang keluar berwarna kecokelatan atau kehitaman, pastinya bikin kamu kaget, iya kan? Kamu pasti bertanya-tanya, hal itu normal nggak sih? Atau jangan-jangan ada gangguan kesehatan? Yups, pada dasarnya darah menstruasi adalah darah juga, dan sebagaimana warna darah, mestinya berwarna merah. Tapi, sebenarnya darah menstruasi nggak selalu berwarna merah lho, Girls. Kadang darah menstruasi bisa kecokelatan atau kehitaman, karena terlalu pekat.

Kamu nggak usah panik, Girls, kondisi ini disebabkan karena darah menstruasi nggak hanya terdiri dari darah saja. Melainkan juga terdiri dari selaput dinding dalam rahim yang semula dipersiapkan untuk tempat menempel janin ketika terjadi pembuahan. Selaput dinding dalam rahim ini mengandung banyak pembuluh darah, dan nutrisi. Akibatnya terlihat lebih pekat. Inilah yang menyebabkan darah menstruasi nggak lagi terlihat berwarna merah.

So, sekarang udah tau kan, Girls?  Kamu nggak perlu cemas lagi ya, dan pastikan dirimu selalu hidup sehat, dengan cukup istirahat dan jaga pola makan, serta cukupi kebutuhan tubuhmu dengan mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang, dan jangan lupa olahraga secara rutin ya, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga mengetahui kalau darah menstruasi yang dialami mereka nggak selalu berwarna merah!

Related Articles

First Timer
16 Sep 2019

Underwear Nyaman, Menstruasi Jadi Aman

Sama halnya seperti pilihan warna dan model, jenis underwear yang kamu pakai pas menstuasi juga terg...
First Timer
05 Dec 2019

Banyak Makan Pas PMS? Wajar Nggak sih?

Menjelang menstruasi sebagian cewek umumnya ingin mengemil dan makan lebih banyak dari porsi yang bi...
First Timer
19 Sep 2019

Liburan Happy, Bebas Worry!

Girls, kamu pernah nggak pas mau liburan, menstruasi malah tiba-tiba datang? Duh, pasti bikin semua ...