Benar Nggak sih, Menstruasi Itu Datang Setiap Bulan?
ask dr laurier

Benar Nggak sih, Menstruasi Itu Datang Setiap Bulan?

Benar Nggak sih, Menstruasi Itu Datang Setiap Bulan?

25 Sep 2019

Benar Nggak sih, Menstruasi Itu Datang Setiap Bulan?

“Bulan kemarin menstruasi datang, tapi bulan ini nggak. Hmm...menstruasiku bakal datang lagi nggak ya, bulan depan?” Kamu pernah berpikir kalau menstruasi itu datang setiap bulan nggak, Girls? Kira-kira hal ini benar nggak sih?

Berdasarkan data medis, siklus menstruasi yang paling pendek bisa berulang setiap 15 hari, dan 45 hari untuk jangka waktu yang terlama. Rata-rata siklus menstruasi cewek adalah 28 – 30 hari, sama seperti jumlah hari dalam sebulan. Hal itulah yang menyebabkan beberapa cewek menganggap menstruasi bakal datang setiap bulan. Tapi sebenarnya, siklus menstruasi setiap cewek itu berbeda lho, Girls!

Kalau kamu mengalami kondisi menstruasi yang berulang tapi jumlah harinya nggak sama, sebelum usiamu 20 tahun, maka itu masih tergolong wajar kok, Girls. Makanya, dalam satu bulan kamu bisa mengalami dua kali menstruasi atau malah nggak menstruasi sama sekali sepanjang bulan. Selain itu, jumlah hari berlangsungnya menstruasi juga bisa nggak sama. Kadang cuma dua hari atau bisa sampai satu minggu. Tapi, kalau kamu udah lebih dari 20 tahun, seharusnya menstruasimu otomatis berulang dalam jumlah hari yang tetap.

Pada dasarnya, siklus menstruasi itu nggak cuma terdiri dari menstruasi atau proses pembersihan rahim yang ditandai dengan keluarnya darah aja, Girls. Karena siklus menstruasi juga menandakan masa subur dan hormon reproduksi yang nggak seimbang dalam tubuhmu.

Saat seorang cewek mengalami menstruasi di tahun pertamanya, biasanya siklus menstruasinya nggak berlangsung secara teratur. Kondisi itu disebabkan karena sistem reproduksimu belum bisa menghasilkan hormon yang seimbang. Sehingga siklus menstruasimu belum bisa teratur, mulai dari volume darah yang keluar sampai durasi berlangsungnya menstruasi.

So, kondisi ini terjadi bukan karena kamu sakit atau ada gangguan kesehatan ya, tapi karena tubuhmu membutuhkan waktu untuk mengatur siklus menstruasimu. Satu hal lagi yang perlu kamu tau adalah siklus menstruasi juga bisa nggak teratur kalau kamu sering stres, lagi sakit atau nggak berolahraga secara teratur.

Makanya kamu disarankan banget untuk mencatat siklus menstruasimu, supaya kamu bisa paham sama kondisi tubuhmu, Girls. Kamu bisa pakai kalender untuk mencatatnya, atau biar lebih praktis kamu juga bisa pakai aplikasi dari Laurier, yaitu Menstrual Diary. Kamu pasti bakal merasakan manfaatnya seperti di bawah ini:

  • Bisa memperkirakan kapan kamu mengalami menstruasi atau hari pertama menstruasi yang akan datang
  • Bisa tau saat menstruasi nggak datang
  • Punya data yang lengkap tentang menstruasimu saat harus memeriksa kesehatanmu ke dokter

Hal yang paling penting dan harus kamu ingat saat mencatat siklus menstruasimu adalah periode siklus menstruasimu, yaitu jumlah hari yang dihitung dari hari pertama menstruasimu sekarang sampai hari pertama menstruasi selanjutnya. Dari situlah kamu akan paham kapan siklus menstruasimu akan berulang, Girls.

Nah, info ini membantu kamu untuk lebih paham tentang siklus menstruasi kan, Girls? Saat kamu udah paham kalau siklus menstruasi itu bukan dihitung perbulan, kamu jadi nggak khawatir lagi deh, saat menstruasi datang di tanggal yang nggak sama setiap bulannya. Yuk, mulai catat siklus menstruasimu supaya kamu bisa memantau kesehatan reproduksimu, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka juga mulai mencatat siklus menstruasinya sendiri!

Related Articles
First Timer
24 May 2019

Penuhi Nutrisimu Saat Menstruasi

Kamu pasti tau kan, Girls, kalau pola makan yang sehat itu harus diterapkan setiap saat. Apalagi pas...
First Timer
20 Sep 2019

Menstruasi Bisa Bikin Happy kok!

Menstruasi mungkin jadi waktu yang bikin nggak happy buat cewek. Bukan cuma karena sering merasakan ...
First Timer
22 Aug 2019

6 Jurus Atasi Nyeri Punggung Pas Menstruasi

Biasanya para cewek mengalami nyeri perut menjelang atau saat menstruasi, tapi ternyata ada juga yan...