Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?
ask dr laurier

Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?

Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?

13 Aug 2019

Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?

Hari pertama menstruasi biasanya darah yang keluar itu sedikit karena volume darah bakalan banyak di hari kedua atau ketiga. Kamu setuju sama ungkapan itu nggak, Girls? Hmm...umumnya memang seperti itu sih. Tapi, kalau tiba-tiba di hari pertama darah menstruasimu banyak dan kamu nggak ada persiapan gimana? Duh, pasti bikin repot! Jadi sebenarnya, darah yang keluar di hari pertama menstruasi itu pasti sedikit atau nggak sih? Biar nggak penasaran, coba baca penjelasannya di bawah ini yuk!

Otot-otot rahim bekerja dengan cara memompa dan mendorong darah keluar dari dalam rahim. Kerja otot rahim ini dipicu sama hormon prostagladin. Semakin banyak kadar hormon tersebut di dalam rahim, maka otot rahim bakal sering bekerja dan darah yang dikeluarkan juga semakin banyak. Produksi hormon prostagladin bisa dipengaruhi sama beberapa faktor, salah satunya adalah kondisi kesehatan umum. Kalau tubuhmu dalam keadaan sehat, maka kadar hormon prostagladin udah cukup diproduksi tubuhmu mulai dari pra-menstruasi. Jadi, saat memasuki periode menstruasi, hormon itu bisa langsung memicu rahim berkontraksi dan menyebabkan darah banyak keluar di hari pertama menstruasimu.

Kalau kamu cuma melihat kebiasaan aja, bisa jadi kamu nggak siap untuk menghadapi darah menstruasi yang tiba-tiba deras di hari pertama, Girls. Bukannya memakai pembalut, kamu malah cuma pakai pantyliner karena beranggapan hari pertama itu darahnya masih sedikit. Sebenarnya nggak masalah kalau di pagi hari saat mau beraktivitas kamu cuma memakai pantyliner, karena darah menstruasi masih berupa bercak. Tapi, kamu jangan sampai lupa untuk membawa pembalut supaya kamu punya persiapan yang baik kalau tiba-tiba darah menstruasimu deras di hari pertama.

Supaya nggak repot, pakai aja pembalut super tipis yang berdaya serap tinggi seperti Laurier Super Slimguard. Pembalut ini bisa memberimu rasa aman dan nggak takut bocor pas darah menstruasi di hari pertama tiba-tiba menderas. Ukurannya yang tipis juga nggak bakal mengganggu aktivitasmu lho, Girls!

Mulai sekarang, jangan terjebak sama mitos yang bilang kalau aliran darah di hari pertama itu cuma sedikit ya, Girls! Kalau menstrual diary-mu udah memberi tau kamu bakal menstruasi, siapkan aja Laurier Super Slimguard supaya tetap aman dan nyaman di hari pertama menstruasimu!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-teman cewekmu yuk, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles
First Timer
26 Jan 2022

Gangguan Menstruasi yang Sering Terjadi Pada Wanita

Tidak sedikit wanita mengalami gangguan menstruasi. Mulai dari siklus menstruasi yang maju mundur, d...
First Timer
11 Jan 2021

Bocor? Ini Tips Hilangkan Noda Darah Menstruasi di Kain!

 Nightmare atau mimpi buruk bagi para perempuan adalah "bocor" saat menstruasi. Apala...
First Timer
11 Dec 2019

Info Seputar Pembalut yang Harus Kamu Tahu!

Girls, saat ini topik tentang pembalut lagi hangat dibahas, terutama soal keamanannya. Tapi, ada hal...