Awas Terjebak Mitos Tentang Tidur Pas Menstruasi!
ask dr laurier

Awas Terjebak Mitos Tentang Tidur Pas Menstruasi!

Awas Terjebak Mitos Tentang Tidur Pas Menstruasi!

31 Aug 2019

Awas Terjebak Mitos Tentang Tidur Pas Menstruasi!

Hal-hal yang berkaitan sama menstruasi itu banyak yang menarik tapi ada juga yang bikin panik. Benar nggak, Girls? Kalau lagi menstruasi, nggak jarang kamu mendengar aturan tentang hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan selama menstuasi. Tapi, bisa jadi aturan itu adalah fakta atau mungkin cuma mitos aja lho! Salah satunya yaitu berkaitan sama tidur. Hmm...kira-kira aturan tidur apa sih, yang berkaitan sama menstruasi?

  • Jangan tidur siang pas menstruasi

Saat menstruasi sebagian cewek ada yang merasakan nyeri perut, sebagiannya lagi merasa lemas atau ada juga yang merasakan keduanya. Kondisi ini pasti bikin kamu jadi mager dan pengen berbaring sepanjang hari di kasur. Benar kan, Girls? Sebenarnya kalau tubuhmu terlalu lama diam tanpa beraktivitas sama sekali malah bisa bikin otot-otot tubuhmu jadi kaku, termasuk otot perutmu. Walaupun begitu, bukan berarti kamu nggak bisa tidur siang ya! Kamu tetap bisa tidur siang kok, asal waktunya nggak berlebihan.

Tidur siang selama satu sampai satu setengah jam di siang hari bisa membuat tubuhmu segar dan jadi lebih fit, sehingga bisa melawan nyeri menstruasi. Supaya lebih optimal, pastikan kamu minum air putih yang cukup sebelum tidur siang. Kalau perlu minum obat pereda nyeri supaya tidurmu jadi lebih nyaman, Girls.

  • Darah menstruasi berhenti mengalir pas lagi tidur

Aliran darah menstruasi yang keluar dari tubuhmu terjadi karena dua hal yang bekerja secara bersamaan, yaitu didorong sama kontraksi otot perut dan rahim, serta ditarik oleh daya gravitasi. Sehingga aliran darah berlangsung secara optimal saat tubuhmu ada dalam posisi tegak lurus seperti berdiri, duduk dan beraktivitas. Hal ini disebabkan karena zat cair akan mengalir ke arah yang lebih rendah.

Saat posisi tubuhmu mendatar seperti tidur, otot rahim dan perut akan tetap berkontraksi tapi darah nggak bisa langsung mengalir deras melewati saluran reproduksi, karena efek kerja gravitasi nggak optimal. So, artinya bukan darah menstruasi nggak mengalir pas kamu tidur, tapi alirannya cuma jadi lebih lambat aja ya, Girls!

Makanya, kamu harus tetap pakai pembalut pas lagi tidur ya! Apalagi kalau darah menstruasi lagi banyak, kamu perlu pembalut khusus yang bisa melindungi sisi belakang dan pinggir celanamu supaya nggak bocor, karena posisi tubuhmu cenderung rendah dan banyak bergerak pas tidur.

Nah, sekarang udah jelas kan, mitos tentang tidur pas lagi menstruasi? Kalau kamu mendengar dua hal di atas, jangan langsung percaya ya! Lebih baik cari tau dulu kebenarannya supaya kamu nggak terjebak sama info palsu, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau fakta tentang tidur pas menstruasi!

Related Articles
First Timer
19 Nov 2019

Duh! Kenapa ya BAB ku Nyeri Saat Menstruasi?

Nyeri saat BAB di masa menstruasi memang mungkin dialami lho, Girls. Kondisi ini bisa bikin jadi ngg...
First Timer
08 Oct 2019

Pembalut dan Teman-temannya

Mungkin sekarang kamu cuma tau kalau pembalut adalah produk pelindung menstruasi yang paling populer...
First Timer
28 Mar 2022

Ini Bahaya Bakteri Jahat di Vagina

Tahukah kamu kalau ada bakteri baik dan bakteri jahat di vagina? Bahaya gak sih kalau bakteri jahat ...