Asal Usul Kram Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Asal Usul Kram Menstruasi

Asal Usul Kram Menstruasi

26 Nov 2019

Asal Usul Kram Menstruasi

Girls, kram saat menjelang atau selama menstruasi pasti itu kondisi yang sering banget kamu alami kan? Bahkan kondisi ini pasti udah biasa dan bukan sesuatu yang mengejutkan buat kamu, betul nggak? Hmm….tapi kamu pernah kepo nggak sih, kenapa kram menstruasi bisa terjadi?

Kram yang dialami perut saat menstruasi, sebenarnya sama seperti kram di bagian tubuh lainnya. Hal ini terjadi karena kontraksi otot perut yang sangat intens saat berusaha mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Kontraksi ini menyebabkan ketegangan otot, makanya jadi terasa nyeri. So, hal ini pasti akan terjadi berulang, karena merupakan proses yang rutin, Girls.

“Kram saat menstruasi itu turunan bukan sih?”, kamu pernah berpikir seperti ini nggak, Girls? Hmm…sampai saat ini memang belum ada bukti kalau kram yang dialami seorang ibu saat menstruasi akan dialami juga oleh anak perempuannya, Girls. So, kamu cukup mempercayai hal-hal yang memang udah terbukti dan berupa fakta aja ya!

Ada info penting yang harus kamu tau juga nih, Girls! Ternyata ggak semua cewek harus mengalami kram saat menstruasi lho! Banyak juga cewek yang nggak mengalaminya kok, karena sebagian dari mereka cuma merasa sedikit nggak nyaman aja. Tapi, rata-rata cewek banyak yang mengalami kram perut dan nyeri punggung.

Kalau kamu mengalami hal ini, dan merasa terganggu, sebaiknya segera bilang pada mama atau kakakmu, supaya bisa diantar ke dokter ya, Girls. Untuk mengatasi kram dan nyeri, kamu bisa melakukan olahraga ringan, mandi air hangat, dan memakai kompresan panas di bagian yang terasa nyeri. Hal ini bisa bikin ototmu jadi lebih nyaman dan relaks. Selain itu, kamu juga bisa mengatasinya dengan obat pereda nyeri khusus yang dibuat untuk menstruasi.

Gerakan-gerakan olahraga juga diketahui bisa meredakan ketegangan otot yang menyebabkan kram lho, Girls. Di sisi lain, olahraga juga bisa melancarkan sirkulasi darah ke ototmu, sehingga ototmu nggak gampang tegang, Girls. Makanya, jangan lupa untuk olahraga yang teratur setiap hari, terutama pas lagi menstruasi ya!

Nah, sekarang kamu udah tau kan, kenapa selalu merasa kram tiap menjelang dan selama menstruasi? Kalau kamu mengalami kondisi ini, jangan lupa untuk mengatasinya dengan melakukan tips-tips yang ada di atas ya! Be aware and keep healthy, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka bisa tau lebih banyak tentang kram menstruasi!

Related Articles

First Timer
06 Dec 2019

Tips Atasi Menstruasi Pertamamu di Situasi yang Nggak Tepat

Girls, setelah adanya 3 perubahan penting pada tubuhmu, seperti payudara mulai terbentuk, tumbuh bul...
First Timer
31 Aug 2019

Kok, Aku Nggak Merasakan PMS ya?

Teman-temanmu sering mengeluhkan nyeri perut, sakit kepala, moody atau tiba-tiba ingin ngemil menjel...
First Timer
04 Dec 2019

My First Period

Pertama kali mendengar kata ‘menstruasi’ kamu langsung takut nggak, Girls? Kalau iya, me...