ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Asal Usul Jerawat Menstruasi

Asal Usul Jerawat Menstruasi

Author: Tim Edukasi Laurier

16 Dec 2019

Asal Usul Jerawat Menstruasi

Girls, kamu kepo nggak sih, kenapa setiap kali memasuki masa periode menstruasimu, jerawat selalu saja bermunculan? Ternyata ada asal usulnya lho, Girls. Saat masa menstruasi, hormon di tubuh perempuan menjadi nggak seimbang akibat peningkatan hormon reproduksi. Kondisi ini memicu kerja kelenjar minyak di bawah kulit, Sebaceous, berproduksi lebih banyak, Girls.

Pada dasarnya Sebaceous setiap harinya memroduksi minyak dalam kadar tertentu dengan tujuan menjaga kelembapan kulit. Tapi, menjelang dan selama menstruasi, karena pengaruh dari hormon yang meningkat, Sebaceous membesar, dan jadi memproduksi lebih banyak minyak. Kondisi ini menyebabkan percepatan matinya sel kulit. Akibatnya sel kulit yang mati itu menumpuk di permukaan kulit, bercampur dengan minyak kulit dan menyumbat pori-pori. Penyumbatan yang terjadi ini, kalau terkontaminasi bakteri akan segera berubah menjadi infeksi atau peradangan kulit, yang dikenal sebagai jerawat.  Terdapat dua jenis jerawat yang terlihat pada kulit wajah nih, Girls.

  • Jerawat berkepala putih – sumbatan pori-pori nggak mencapai permukaan kulit sehingga jerawat nggak kotor dan tetap berwarna putih.
  • Jerawat berkepala hitam - sumbatan pori-pori terbuka sampai ke permukaan kulit dan terlihat berwarna hitam, karena terkontaminasi kotoran.

Ada beberapa jenis obat untuk mengatasi jerawat. Beberapa bahkan bisa dibeli bebas, disamping jenis obat yang perlu dibeli dengan resep. Kamu mungkin bisa mencoba claenser yang memiliki fungsi mengendalikan produksi minyak, mengeringkan jerawat, dan juga mencegah pembentukan jerawat baru.

Tapi, karena pada dasarnya jerawat adalah infeksi bakteri, maka untuk mengatasinya dokter kulit akan menyarankan jenis salep antibiotik. Kalau kondisi sudah sangat parah, dikenal sebagai peradangan yang berisi cairan, maka dokter akan memberikan jenis suntikan steroid untuk meredakan pembengkakan dan peradangan.

Dokter kulit juga bisa membantu kamu dengan perawatan kulit berjerawat, untuk menangani jerawat yang dipicu kondisi hormonal ini. Setelah menjalani perawatan, biasanya kulit wajah kamu akan halus kembali. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan kulitmu, supaya nggak terinfeksi oleh bakteri ya, Girls!

Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman yang lain, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui penyebab terjadinya jerawat selama masa menstruasi!

Related Articles

Author: Tim Edukasi Laurier
22 Nov 2019

Yuk, Kenalan Lagi sama PMS!

Kalau ngomongin tentang PMS, pasti kamu menghubungkannya sama gejala-gejala seperti, nyeri perut, ga...
Author: Tim Edukasi Laurier
01 Oct 2019

Kenapa Selalu Lembap dan Basah?

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata setiap hari vaginamu akan mengeluarkan cairan lho! Eits, tapi ka...
Author: Tim Edukasi Laurier
17 Oct 2023

7 Mitos dan Fakta Seputar Menstruasi

“Jangan keramas”, “Jangan makan mentimun”, “Jangan minum air dingin&rd...