Aroma Menstruasiku Tercium Nggak ya?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Aroma Menstruasiku Tercium Nggak ya?

Aroma Menstruasiku Tercium Nggak ya?

06 Sep 2019

Aroma Menstruasiku Tercium Nggak ya?

Girls, kamu tau nggak sih, ternyata darah menstruasi itu punya aroma yang khas dan berbeda dari aroma darah biasa lho! Hal ini disebabkan karena darah menstruasi nggak cuma darah biasa aja, tapi darah yang bercampur sama selaput dinding dalam rahim. Darah  itu memang harus dikeluarkan setiap siklus menstruasimu berlangsung, Girls.

Selaput dinding dalam rahim itu sebenarnya dipersiapkan untuk pertumbuhan janin saat terjadi pembuahan. Darah tersebut mengandung berbagai nutrisi dan sel hidup. Kalau nggak ada pembuahan yang terjadi, maka selaput dinding rahim itu harus dikeluarkan. Itulah kenapa aroma darah menstruasi punya aroma yang khas, Girls.

Walaupun begitu, aroma darah menstruasi sebenarnya cuma bisa tercium saat bersentuhan langsung dengan udara. Jadi, nggak heran kalau kamu bakal mencium aroma darah menstruasi pas lagi ganti pembalut. Karena darah terkena udara langsung, jadi aromanya keluar. Nah, kalau kamu udah pakai pembalut lagi, maka bau darah itu nggak akan tercium sama sekali, karena langsung diserap sama pembalut. So¸ darah menstruasimu nggak akan tercium sama orang lain, Girls!

Mulai sekarang kamu jangan khawatir ya, kalau ada teman dekatmu yang tiba-tiba tau kamu lagi menstruasi. Mereka tau bukan karena mencium aroma darah menstruasimu, tapi biasanya cuma menebak dari perubahan mood atau wajahmu yang terlihat gampang capek pas menstruasi.

Nah, supaya kamu tetap merasa bersih dan nggak risih selama menstruasi, coba lakukan hal-hal praktis di bawah ini yuk, Girls!

  • Perbanyak minum. Jenis cairan yang disarankan adalah air. Secara medis, air yang kamu konsumsi itu berfungsi untuk membersihkan semua sistem tubuh. Mengonsumsi banyak air pas menstruasi berarti bisa mengurangi kepekatan zat dan darah yang keluar dari dalam rahim. Sehingga, aromanya jadi nggak terlalu tajam.

  • Mandi. Aroma sabun yang dipakai di semua bagian tubuh bisa membuatmu merasa wangi dan selalu segar. Mandilah dengan sabun kesukaanmu minimal dua kali sehari.

  • Jangan pakai sabun pembersih vagina. Cairan pembersih cenderung mengandung bahan kimia tertentu yang bisa memicu iritasi dan infeksi. Dampaknya adalah terbentuknya aroma baru yang lebih kuat karena iritasi dan infeksi itu.

  • Ganti pembalut minimal setiap empat jam sekali.

  • Pakai underwear baru setiap kali sehabis mandi.

Cara-cara di atas memang nggak bisa bikin aroma menstruasi hilang, tapi bisa bikin kamu merasa lebih segar, bersih dan pede selama menstruasi. Jadi, mulai sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi aroma menstruasimu tercium sama orang lain ya, Girls. Karena selama beraktivitas, darah menstruasimu itu akan terserap di pembalut dan aromanya cuma tercium saat bersentuhan langsung dengan udara seperti saat kamu mengganti pembalut di kamar mandi. So, stay clean and fresh, Girls!

Ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini yuk, supaya mereka tau info tentang ini!

Related Articles

First Timer
10 Aug 2019

Malas Ganti Pembalut? Awas Kena TSS!

Girls, mengganti pembalut pas lagi menstruasi itu emang jadi hal yang penting banget untuk para cewe...
First Timer
26 Jan 2022

Tipe Spider-man yang Mana Kamu?

[SPOILER ALERT] Buat kamu yang belum nonton Spider-man: No Way Home, artikel ini mengandung spoiler....
First Timer
09 Dec 2019

Pilihan Pembalut yang Tepat Sesuai Kebutuhanmu!

Setiap cewek yang udah mengalami menstruasi, pasti akan terus mengalaminya setiap periodenya. Jadi, ...