ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Apa Aja sih, yang Terjadi Saat Puber?

Apa Aja sih, yang Terjadi Saat Puber?

01 Oct 2019

Apa Aja sih, yang Terjadi Saat Puber?

Girls, coba deh, kamu bandingkan foto dirimu empat tahun yang lalu sama sekarang, kamu pasti bisa melihat ada perubahan fisik yang nyata kan? Perubahan fisik yang kamu lihat itu normal kok, karena kamu lagi dalam masa pertumbuhan untuk menjadi dewasa. Proses pertumbuhanmu ini akan lengkap setelah kamu mengalami menarche atau menstruasi pertama.

Sebenarnya, dua tahun sebelum terlihat perubahan pada fisikmu, ada dua kelenjar penting  di otak, yaitu hypothalamus dan pituitary, yang akan mulai melakukan persiapan untuk mengubah fisikmu dari anak remaja menjadi dewasa dengan memproduksi hormon pertumbuhan luteinising (LH) dan follicel (FSH). Kedua jenis hormon inilah yang menyebabkan tinggi badanmu bertambah. Selanjutnya, tugas kedua hormon ini akan dilanjutkan oleh estrogen, yaitu hormon yang cuma diproduksi sama tubuh perempuan untuk merangsang pertumbuhan fungsi dan organ reproduksi. Tapi, prosesnya nggak cuma sampai sini aja lho, Girls. Masih ada perkembangan lain yang nggak terlihat seperti:

  • Perkembangan intelektual

Kedewasaan secara fisik biasanya akan dibarengi sama kemampuan berpikir dalam menangani masalah. Kemampuan ini bisa membuatmu belajar banyak dari pengalaman sendiri atau orang lain.

  • Perkembangan emosional

Psikolog dari Amerika bernama G. Stanley Hall menyatakan kalau remaja juga mengalami perkembangan emosional. Hasilnya adalah kamu udah mulai pintar menentukan standar baik atau buruk dan menilai sesuatu. Kamu mulai punya pendapat sendiri dan bisa menyaring masukan dari orang tua atau gurumu.

Kalau semua ciri-ciri perkembangan tubuh di atas udah kamu alami, maka kamu harus bersiap-siap untuk menjadi perempuan dewasa nih. Tapi daripada kamu buru-buru, mendingan kamu nikmati dulu masa remajamu seperti menjalin hubungan yang erat sama keluarga dan teman, menentukan cita-cita, melakukan berbagai hobi yang kamu sukai dan masih banyak lagi. Kalau udah begitu, masa remajamu akan terisi dengan kegiatan yang seru deh! So, kamu pasti bakal siap untuk menjadi perempuan dewasa, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau apa aja yang terjadi di masa pubernya!

Related Articles

First Timer
22 Aug 2019

Duh, Keringat Bikin Nggak Nyaman!

Kalau lagi menstruasi pasti ada aja yang bikin kamu nggak nyaman. Mulai dari gejala PMS seperti nyer...
First Timer
03 Oct 2019

Selalu Bersih Saat Menstruasi

Saat menstruasi, kebersihan adalah faktor utama yang perlu kamu jaga dengan baik. Right, Girls? Hal ...
First Timer
20 Feb 2019

Kapan Menstruasiku Datang Lagi?

Sebenernya simple lho, Girls, kalau kamu mau tau hari pertama menstruasimu selanjutnya. Gimana sih, ...