Apa Aja Sih, Mitos Tentang Siklus Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Apa Aja Sih, Mitos Tentang Siklus Menstruasi?

Apa Aja Sih, Mitos Tentang Siklus Menstruasi?

11 Aug 2018

Apa Aja Sih, Mitos Tentang Siklus Menstruasi?

Kamu tau nggak sih, Girls, kalau nggak semua info tentang siklus menstruasi itu bener, lho. Ada beberapa info yang ternyata salah dan nggak sesuai sama fakta medis. So, kamu harus cari tau fakta dan pengetahuan yang bener tentang siklus menstruasi, supaya kamu juga bisa memahami kesehatan dan tubuh. Nah, berikut ini ada 5 info tentang siklus menstruasi yang sering banget diomongin sama orang-orang, tapi ternyata nggak bener sama sekali. Simak yuk, Girls!

1.      Mencemaskan siklus menstruasi, bisa menyebabkan telat menstruasi

Sebenernya, siklus menstruasi bisa teratur karena kadar hormon reproduksi yang seimbang. Rasa cemas itu bikin kamu jadi stres. Nah, stres adalah salah satu faktor yang bikin kadar hormon jadi nggak seimbang. Kondisi kadar hormon yang nggak seimbang inilah yang jadi penyebab siklus menstruasimu telat. So, masih ada benernya sih, tapi bukan sebagai sebab akibat secara langsung ya.

2.      Panjang siklus menstruasi cuma 28 hari

Berdasarkan fakta medis, setiap cewek punya siklus menstruasi yang beda-beda. Siklus menstruasi yang paling pendek berlangsung setiap 21 hari, sedangkan siklus menstruasi yang paling panjang berlangsung setiap 35 hari. Tapi, ada juga cewek yang mengalami irregular cycle atau siklus yang nggak beraturan karena kondisi hormon reproduksi yang nggak seimbang.

3.      Nggak bakal hamil pas menstruasi

Secara teknis pembuahan emang nggak bakal terjadi pas seorang cewek lagi menstruasi. Tapi, karena sperma bisa bertahan sampai lima hari di dalam saluran reproduksi perempuan, maka risiko pembuahan masih bisa terjadi selama masa itu. Nah, supaya nggak mengalami kehamilan yang nggak direncanakan, pasangan suami-istri sangat disarankan untuk menggunakan alat kontrasepsi yang tepat.

4.      Pembuahan cuma bisa terjadi satu hari di antara siklus menstruasi

Mitos ini muncul karena adanya fakta tentang sel telur yang cuma bisa dibuahi 12 – 24 jam setelah ovulasi. Tapi karena sperma bisa bertahan sampai lima hari, jadi masih ada risiko terjadi pembuahan kalau lima hari sebelum ovulasi melakukan hubungan seks.

5.      Ovulasi terjadi di hari ke-14 pada siklus menstruasi

Hal ini emang bener dialami sama cewek yang punya siklus menstruasi 28 hari. Tapi, kalau cewek yang punya siklus menstruasi lebih pendek dari 28 hari, mereka akan berovulasi di hari ke-12. Sedangkan yang siklus menstruasinya lebih panjang dari 28 hari, akan berovulasi di hari ke-16. Semua ini dihitung dari dua minggu sebelum menstruasi selanjutnya.

So, Girls, sekarang kamu udah tau kan apa aja info yang bener dan salah tentang siklus menstruasi. Yuk, share artikel ini ke temen-temen kamu yang lain, supaya mereka juga bisa tau info yang bener!

Related Articles

First Timer
21 Nov 2019

Lakukan 8 Cara Ini, Supaya Kamu Tetap Ceria Selama Menstruasi!

Ada kabar seru nih, Girls! Sebenarnya kamu nggak perlu mengalami hari-hari yang lemas dan nggak pede...
First Timer
01 Oct 2019

PMS Minggat Tanpa Obat

Girls, gejala PMS sebenarnya nggak cuma nyeri dan kram perut aja lho, tapi ada juga gejala lain sepe...
First Timer
21 Jun 2019

Jangan Jadi Nggak Gaul Gara-Gara Menstruasi!

Kamu pasti sering banget nggak sadar, kalau masa remaja itu sebenarnya berlangsung singkat banget. H...