ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

All About Period!

All About Period!

22 Jun 2019

All About Period!

Girls, kamu masih bingung tentang menstruasi? Atau mungkin sampai sekarang kamu masih nunggu-nunggu menstruasi pertamamu? Nah, ada beberapa hal dasar tentang menstruasi yang perlu kamu tau, supaya jadi lebih paham. Apa aja, ya?

“Menstruasi itu apa, sih?” Menstruasi adalah bagian dari sistem tubuh cewek yang normal. Saat seorang cewek menstruasi untuk pertama kalinya, berarti sistem reproduksinya udah berfungsi sempurna dan dirinya udah menjadi seorang perempuan. Darah yang dikeluarkan adalah lapisan dalam dinding rahim yang awalnya dipersiapkan untuk masa subur. Kalau masa subur udah selesai, lapisan itu harus diluruhkan. Nah, hasil proses peluruhan inilah yang keluar sebagai darah menstruasi.

“Menstruasi itu sakit, ya?” Menstruasi itu sebenarnya nggak bikin sakit, kok. Tapi sebagian cewek, bahkan yang udah dewasa, sering mengalami kram atau nyeri perut. Hal ini disebabkan karena beberapa saat sebelumnya, otot perut bekerja sangat keras untuk mengeluarkan semua darah menstruasi dari dalam rahim. Kram otot inilah yang bikin perut jadi terasa nyeri dan nggak nyaman.

“Menstruasi bikin aku jadi bau nggak?” Nggak, lah! Aroma darah menstruasi yang cenderung khas dan tajam itu, baru tercium kalau terkena udara. Kalau darah menstruasi keluar dan langsung diserap sama pembalut, nggak bakal deh, terkontaminasi sama udara. So, nggak bakal ada bau yang muncul. Makanya, kamu harus ganti pembalut sesering (maksimal setiap 4 jam) supaya nggak lembap dan bikin kamu jadi merasa lebih segar, karena nggak mencium aroma khas dari darah menstruasi itu.

“Orang lain tau nggak ya, kalau aku lagi menstruasi?” Kalau kamu pakai pembalut yang ok dan berhati-hati, supaya nggak tembus, maka nggak bakal ada orang lain yang tau kalau kamu lagi menstruasi, kecuali kalau kamu sendiri yang bilang ke mereka :) hahaha….

“Cowok menstruasi juga nggak?” Menstruasi itu bagian dari sistem reproduksi cewek. Sedangkan, cowok punya sistem reproduksi yang nggak sama dengan cewek, jadi mereka nggak bakal menstruasi. Tapi, cowok juga mengalami perubahan fisik di masa puber, lho. Contohnya, perubahan suara, mulai tumbuh bulu-bulu halus di bagian tubuh tertentu (wajah, ketiak dan juga rambut pubik).

Nah, sekarang kamu nggak perlu bingung lagi deh, tentang menstruasi. Semoga info ini bisa bikin kamu jadi lebih paham, ya! Kalau ada yang mau kamu tanyakan, kirim aja pertanyaanmu ke dr. Laurier!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga lebih paham tentang menstruasi!

Related Articles

First Timer
05 Sep 2019

Lemas Pas Menstruasi? Nggak Asik ah!

Saat menstruasi, cewek rata-rata mengeluhkan lemas dan lebih suka tidur-tiduran. Benar nggak, Girls?...
First Timer
16 Aug 2019

3 Kriteria Pembalut yang Aman Dipakai

Setiap cewek pasti selalu pakai pembalut pas lagi menstruasi. Makanya, pembalut jadi salah satu bend...
First Timer
04 Jun 2021

Jerawatan Saat Menstruasi? Normal atau Bahaya?

“Duh sebel muka jerawatan lagi deh” “Beli serum penghilang bekas jerawat dimana ya...