ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Alasan Hormon Berubah Menjelang Menstruasi

Alasan Hormon Berubah Menjelang Menstruasi

04 Jan 2020

Alasan Hormon Berubah Menjelang Menstruasi

Kamu tau nggak sih, kalau setiap bulan sistem reproduksi cewek akan mengulang proses yang dikendalikan oleh hormon? Yups, sepanjang periode ini kamu akan mengalami naik turunnya kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuhmu. Hmm…kira-kira alasan utama kadar hormon bisa berubah-ubah itu apa ya?

  • Peningkatan kadar hormon menyebabkan ovarium mematangkan sel telur dan melepaskannya. Proses ini disebut ovulasi atau masa subur.
  • Setelah ovulasi, sebagai langkah mengantisipasi terjadinya kehamilan, hormon membantu rahim membentuk selaput dinding dalam rahim, sehingga dinding rahim cenderung menebal.
  • Kalau nggak terjadi pembuahan, hormon akan membantu tubuh membersihkan rahim dari sel telur dan selaput dinding yang menebal itu. Pada masa ini, kadar hormon turun sangat drastis, sehingga seluruh isi rahim akan keluar. Inilah yang terlihat sebagai darah menstruasi.

Saat terjadi peningkatan dan kemudian penurunan kadar hormon yang sangat drastis itu, maka seluruh sistem tubuhmu akan melakukan penyesuaian. Akibatnya, terjadi berbagai gejala yang cenderung terasa mengganggu, antara lain:

  • Pusing, sakit kepala, migrain
  • Emosi yang nggak stabil
  • Susah tidur
  • Mual
  • Kembung
  • Cairan vagina bertambah banyak

Nah, sekarang udah tau kan, Girls? Sebenarnya kamu nggak perlu khawatir, karena seluruh gejala tersebut umumnya dialami menjelang menstruasi atau yang biasa dikenal sebagai PMS. Kamu cukup pastikan jaga pola makan dan tetap mengonsumsi nutrisi yang seimbang, serta olahraga ringan, supaya gejala yang mengganggumu nggak bertambah buruk. Keep healthy, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga tau gimana caranya hormon mengendalikan tubuh mereka menjelang menstruasi!

Related Articles

First Timer
19 Sep 2019

Liburan VS Menstruasi

Girls, kamu pernah nggak sih, pas udah mau berangkat liburan tiba-tiba menstruasi malah datang di wa...
First Timer
14 Jan 2022

Menstruasi Sebulan Dua Kali? Normalkah?

Bagi wanita yang sudah aktif dan matang alat reproduksinya, akan mengalami siklus menstruasi setiap ...
First Timer
04 Dec 2019

Fakta Lain Dibalik Menstruasi

Girls, menstruasi memang nggak dialami berdasarkan usia tertentu lho! Karena sebenarnya berdasarkan ...