ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Aku Telat Puber Nggak ya?

Aku Telat Puber Nggak ya?

09 Oct 2019

Aku Telat Puber Nggak ya?

Kamu pasti udah sering dengar kata “puber” kan, Girls? Hmm….sebenarnya puber itu apa sih? Puber adalah sebuah fase atau masa transisi di mana tubuhmu yang awalnya masih anak-anak berubah menuju dewasa. Berdasarkan data ilmu kesehatan, masa puber ini dialami cewek paling cepat pada usia 7,5 tahun dan paling lambat usia 13 tahun.

Saat puber, cewek akan mengalami perubahan bentuk tubuh karena payudara dan rongga panggul mulai membesar. Selain itu, mulai terlihat juga bulu-bulu halus di ketiak dan area vagina. Di masa puber ini, cewek juga akan mengalami pertumbuhan tinggi badan yang cepat. Rata-rata setelah dua sampai tiga tahun sejak tumbuhnya payudara, maka seorang cewek akan mengalami menarche atau menstruasi pertama. Kalau kamu bertanya-tanya, “Aku udah 13 tahun dan belum menarche, apa artinya aku telat puber?” Hmm….kira-kira benar nggak sih?

Seorang cewek dikategorikan telat puber kalau nggak terlihat tanda-tanda pertumbuhan payudara pada usia 13 tahun, atau nggak mengalami menarche sampai usia 14 tahun. Kalau kamu belum mengalami pertumbuhan payudara dan menarche di usia rata-rata itu biasanya kamu termasuk sebagai late bloomer. Artinya, proses pertumbuhanmu lebih lambat daripada rata-rata cewek lainnya. Kondisi itu nggak perlu pakai penanganan khusus kok, karena sebenarnya kamu cuma butuh waktu lebih lama untuk mulai masuk ke masa pubermu, Girls.

Proses pertumbuhan fisik seorang cewek akan berlangsung sampai akhir usia 18 tahun. Jadi, kalau pada usia tersebut kamu belum melihat ada perubahan di tubuhmu, sebaiknya kamu langsung berkonsultasi sama dokter. Hal itu bisa aja disebabkan karena adanya struktur rahim atau saluran vagina yang nggak normal. Atau mungkin cuma karena gangguan hormon reproduksi yang nggak seimbang dan menyebabkan gangguan kesehatan pada umumnya.

Nah, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi ya, kalau waktu proses pertumbuhan fisikmu berbeda sama teman cewekmu yang lain, atau masih berlangsung sampai mendekati usia 18 tahun, karena semua itu hal yang wajar. Kamu cukup menerapkan pola hidup sehat seperti memenuhi nutrisi yang seimbang, berolahraga dan istirahat yang cukup supaya proses pertumbuhanmu berlangsung dengan baik, Girls.

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka nggak worry memikirkan masa pubernya!

Related Articles

First Timer
26 Nov 2019

Makanan yang Baik Selama Menstruasi

Girls, pasti ada banyak gejala yang mengganggu dan kamu alami saat menstruasi kan? Tapi, sebenarnya ...
First Timer
23 Feb 2022

Ketahui Bahaya Bau pada Vagina dan Cara Pencegahannya

Pada dasarnya, vagina wanita memiliki aroma atau bau khas yang unik dan berbeda-beda setiap individu...
First Timer
17 Apr 2019

Apa Kamu Peduli Sama Kesehatanmu Saat Menstruasi? Yuk, Cari Tahu di Sini!

Saat menstruasi kamu harus lebih aware sama kesehatanmu lho, Girls! Kira-kira kamu termasuk orang ya...