Aduh, Miss V-ku Gatal!
ask dr laurier

Aduh, Miss V-ku Gatal!

Aduh, Miss V-ku Gatal!

19 Aug 2019

Aduh, Miss V-ku Gatal!

Hal umum yang dikeluhkan para cewek pas lagi menstruasi adalah area vagina yang terasa gatal. Setuju nggak, Girls? Kondisi ini memang mungkin banget dialami karena pada dasarnya struktur kulit vagina yang berlipat-lipat, cenderung lembap dan nggak gampang kering. Jadi nggak heran kalau ada ruam, karena itu reaksi jamur dan bakteri di tempat lembap. Supaya bisa mengatasinya, kamu harus tau pemicunya dulu nih! Kira-kira apa aja ya?

  • Perubahan pH

Menjelang menstruasi, hormon reproduksi dalam tubuhmu akan berubah-ubah yang membuat kulit di seluruh tubuh berubah sifatnya. Kadang kering atau minyak yang diproduksi banyak. Nah, kalau tubuhmu terlalu banyak memproduksi minyak, maka minyak itu bisa tersangkut di lipatan-lipatan kulit, sehingga terasa lebih lembap. Makanya kamu harus selalu memastikan untuk membersihkan dan mengeringkan area vaginamu supaya bakteri yang memicu ruam nggak bereaksi.

  • Pembalut yang nggak tepat

Kamu harus selalu memastikan untuk memilih pembalut yang bisa menyerap cairan menstruasi secara optimal supaya kulit nggak lembap. Karena pembalut yang sepanjang hari menempel dipermukaan kulitmu bisa menyebabkan lembap dan aliran udara jadi terhambat. Makanya, pilih pembalut yang bisa menjaga kesehatan kulit di area vaginamu seperti pembalut Laurier Healthy Skin! Pembalut ini memiliki permukaan 3D pori bergelombang, sehingga bisa meningkatkan 80% sirkulasi udara ke area permukaan kulit di area vagina. Jadi pembalut akan tetap kering, kulit bebas lembap dan terhindar dari iritasi.

  • Celana dalam dan pewangi

Celana dalam yang ketat dan dicuci dengan pewangi bisa memicu iritasi dan membuat area vaginamu gatal. Kulit di area vagina bisa terpapar sama pewangi yang berasal dari benda apapun seperti cairan pembersih, tisu atau pembalut. Niat awalnya memakai pewangi mungkin karena ingin area vaginamu terasa segar, tapi ternyata malah bisa mendatangkan masalah lho, Girls! Jadi, lebih baik jangan memakai pewangi dalam bentuk apapun ya!

  • Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan makanan manis

Kalau kamu terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat dan gula, jamur dan bakteri di permukaan kulit vaginamu akan cepat berkembangbiak dan bisa memicu infeksi. Makanya, kalau area vaginamu udah terasa gatal, lebih baik kurangi dulu kedua unsur nutrisi tersebut.

Sebenarnya area vaginamu punya sistem pembersih alami yang disebut sebagai cairan vagina. Cairan tersebut diproduksi setiap hari oleh tubuhmu, termasuk saat menstruasi yang berfungsi untuk menjaga kebersihan dan kesehatan vaginamu. Jadi, kamu jangan heran kalau pas menstruasi kulit di area vaginamu terasa lembap. Karena selain cairan menstruasi, tubuhmu juga tetap memproduksi cairan vagina. Walaupun punya sistem pembersih alami, kamu tetap harus rajin menjaga kebersihan area vaginamu ya, Girls! Supaya kamu bisa terbebas dari iritasi dan penyakit lainnya!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles
First Timer
27 Nov 2019

Warna Kecokelatan Setelah Menstruasi, Apa tuh?

Biasanya setelah kamu selesai menstruasi, kamu akan berpikiran nggak perlu pakai pembalut lagi, iya ...
First Timer
05 May 2014

Siapa Bilang Menstruasi Itu Darah Kotor?

Udah bukan rahasia lagi, kalau banyak banget orang yang anggap bahwa darah menstruasi itu sebenarnya...
First Timer
06 Sep 2019

Berenang Pas Menstruasi Itu Boleh Nggak sih?

Kamu pernah dengar tentang larangan berenang pas menstruasi nggak, Girls? Kabarnya kalau kamu berena...