Ada Apa Sama Tubuhku?!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ada Apa Sama Tubuhku?!

Ada Apa Sama Tubuhku?!

10 Oct 2019

Ada Apa Sama Tubuhku?!

Kalau kamu melihat banyak perubahan yang terjadi di tubuhmu setelah menstruasi pertama, kamu nggak perlu cemas, Girls. Karena nggak cuma kamu aja yang mengalaminya kok, tapi rata-rata cewek remaja pasti juga mengalaminya. Nah, sebenarnya apa aja sih, hal-hal umum yang dialami cewek setelah menstruasi pertama?

  • Menstruasi nggak datang lagi setelah menstruasi pertama

Berdasarkan data medis, tubuhmu membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk menyeimbangkan kadar hormon reproduksi sampai bisa mengatur siklus menstruasi secara teratur. Jadi, kalau menstruasimu datangnya telat sejak menstruasi pertama, kamu nggak perlu panik, Girls. Tapi kalau telatnya sampai satu tahun, mending langsung bilang ke mamamu dan minta untuk diantar ke dokter supaya kamu bisa memastikan kondisimu.

  • Tumbuhnya rambut-rambut halus

Selama masa puber, cewek akan mengalami pertumbuhan rambut-rambut halus pada bagian tubuh seperti lipatan ketiak, area pubis (tulang vagina) atau bahkan di sekitar puting payudara. Rambut di area puting payudara ini biasanya akan hilang bersamaan dengan kadar hormon yang seimbang. Tapi, kalau nggak hilang-hilang, mending kamu tanya gimana cara menghilangkannya ke mama atau kakak cewekmu.

  • Stretchmark

Bersamaan dengan bertambahnya berat dan tinggi badanmu, kulitmu juga akan mengalami proses peregangan. Proses ini bisa menyebabkan munculnya guratan-guratan pada kulitmu. Eits, tapi kamu nggak perlu cemas, karena stretchmark ini akan hilang dengan sendirinya kok, Girls.

Kamu nggak perlu membandingkan proses pertumbuhanmu sama teman cewekmu yang lain ya, karena sebenarnya setiap cewek itu unik dan pasti akan mengalami perubahan yang berbeda-beda. So, jangan lupa untuk memperhatikan proses pertumbuhanmu dengan baik, supaya kamu nggak panik kalau ada sesuatu yang terlihat berbeda di tubuhmu, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau apa aja perubahan yang terjadi setelah menstruasi pertamanya!

Related Articles

First Timer
21 Jul 2022

Pendarahan di antara Menstruasi, Normalkah?

Siklus menstruasi rerata perempuan berkisar pada rentang 21–35 hari. Artinya, seorang perempua...
First Timer
05 Dec 2019

Haruskah Alami PMS Sebelum Menstruasi?

Girls, sampai saat ini sebenarnya belum dapat dipastikan pemicu utama seorang perempuan mengalami PM...
First Timer
03 Sep 2019

Lagi Menstruasi? Enjoy Aja!

Menjelang menstruasi emang bisa jadi waktu yang paling nggak nyaman untuk para cewek. Hal ini dikare...