Ada Apa Sama Kulitku Pas Menstruasi?
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

Ada Apa Sama Kulitku Pas Menstruasi?

Ada Apa Sama Kulitku Pas Menstruasi?

12 Sep 2019

Ada Apa Sama Kulitku Pas Menstruasi?

Girls, kamu pasti sadar kan, kalau menstruasi itu bisa menyebabkan berbagai hal sama tubuhmu. Keluhan yang sering dialami para cewek adalah kulit yang berminyak dan berjerawat. Benar nggak, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, ternyata perubahan kulit yang kamu alami pas menstruasi nggak cuma itu aja lho. Ada beberapa hal yang terjadi sama kulitmu dan kadang nggak kamu sadari. Hmm…apa aja tuh?

  • Pori-pori membesar

Seminggu sebelum menstruasi, coba deh, kamu perhatikan pori-porimu, pasti terlihat lebih jelas. Kondisi ini disebabkan karena hormon progesteron dan testosteron yang meningkat, Girls. Pada masa ini, kamu jangan pakai pore strip ya! Mending pakai cairan pembersih yang punya kandungan salicylic acid untuk membersihkan wajahmu.

  • Terlihat membengkak

Kondisi ini biasanya terlihat di hari pertama menstruasi, yaitu saat kadar hormon di dalam tubuhmu lagi rendah. Selain itu, tubuhmu juga banyak memproduksi hormon prostaglandin, yaitu hormon yang bisa bikin bad mood dan pembengkakkan pada wajah.

  • Berminyak

Beberapa hari sebelum menstruasi, kulitmu pasti akan terlihat berminyak. Hal ini terjadi karena tubuhmu lagi memproduksi hormon androgen yang bisa memicu minyak kulit. Kalau kamu mengalami kondisi ini, sebaiknya bersihkan wajahmu secara teatur setelah beraktivitas supaya minyak yang ada di permukaan kulitmu terangkat dan bersih.

  • Sensitif sama matahari

Hormon yang memicu kulit berminyak juga bisa menyebabkan kulitmu jadi lebih sensitif sama matahari. Makanya, disarankan banget supaya kamu berhati-hati dalam merawat kulit saat beberapa hari sebelum dan setelah menstruasi.

  • Kulit kering

Selama menstruasi, kulitmu cenderung jadi lebih kering dan bersisik. Hal ini disebakan karena kadar estrogen dalam tubuhmu menurun. So, jangan lupa untuk selalu memakai pelembap dan minum air yang cukup supaya kulitmu nggak kering, Girls!

  • Berjerawat

Kondisi ini disebabkan karena meningkatnya produksi minyak kulit yang membuat pori-pori membesar dan kulit berminyak. Sehingga kotoran gampang menempel, terjebak menutupi pori-pori dan akhirnya muncullah jerawat. Ingat ya, jangan pernah menekan jerawat yang lagi tumbuh! Karena hal ini bisa menyebabkan kerusakan permanen pada kulitmu, dan memicu infeksi bakteri.

Kalau udah beberapa minggu mengalami dampak dari kadar hormon yang naik turun ini, kulitmu pasti akan terlihat cantik lagi kok, Girls. Hal ini disebabkan karena kadar estrogen dan progesteron udah seimbang. Momen ini cocok banget buat kamu pakai untuk ber-selfie ria sebelum siklus menstruasi datang lagi, Girls!

Jangan lupa ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini ya, supaya mereka tau perubahan kulitnya pas menstruasi!

Related Articles

First Timer
10 Sep 2019

‘Sahabat’ Cewek Pas Menstruasi

Saat menstruasi, para cewek pasti butuh benda yang bisa menyerap darah menstruasi yang keluar. Benar...
First Timer
07 Oct 2022

Benarkah Kunyit Bisa Atasi Nyeri saat Menstruasi?

Kunyit merupakan salah satu rempah yang dipercaya memiliki banyak khasiat, salah satunya adalah untu...
First Timer
18 Nov 2019

Feeling Comfort Pas PMS Menyerang

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami hari yang sangat buruk? Di mana kamu merasa jadi orang yang ...