8 Cara Atasi Nyeri Payudara Pas PMS
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

8 Cara Atasi Nyeri Payudara Pas PMS

8 Cara Atasi Nyeri Payudara Pas PMS

09 Aug 2019

8 Cara Atasi Nyeri Payudara Pas PMS

Girls, kamu pernah nggak mengalami nyeri payudara menjelang menstruasi? Ternyata nyeri payudara ini terjadi karena kelenjar ASI yang ada di dalam payudaramu membengkak. Kondisi ini adalah reaksi dari kelenjar ASI terhadap peningkatan kadar hormon reproduksimu saat itu.

Biasanya payudaramu bakal terasa lebih padat dan sangat peka, jadi gampang nyeri kalau tersentuh atau karena gerakan tertentu. Tenang aja, ini sebenarnya nggak berbahaya kok, tapi mungkin bakal sedikit mengganggu aktivitasmu, Girls. Kamu juga nggak perlu mengonsumsi jenis obat tertentu untuk mengatasinya, karena kondisi ini cuma gejala PMS yang normal dan umum dirasakan sama perempuan kok. Kamu cukup lakukan beberapa cara di bawah ini, supaya nyeri payudara yang kamu rasakan nggak berlangsung lama. Apa aja ya?

  • Oleskan minyak Evening Primrose

Minyak esensial ini bisa dibeli di toko yang menjual aromaterapi. Teteskan dua sampai tiga minyak evening primrose dan oleskan pada payudara. Kandungan fatty acid di dalam minyak esensial ini bisa mengurangi sensitivitas yang berlebihan karena pembengkakan payudara.

  • Konsumsi kedelai

Konsumsilah makanan yang diolah dari kacang kedelai, karena jenis kacang ini mengandung isoflavon yang bisa mengatasi pembengkakan. Kalau pembengkakan mereda, nyeri pasti bakalan berkurang.

  • Kompresan hangat

Suhu kompresan yang lebih tinggi di permukaan kulit payudara akan melancarkan peredaran darah di bawah kulit. Proses ini juga bisa mengurangi rasa nyeri. Selain itu, kamu juga bisa gunakan kompresan dingin untuk mengatasi payudaramu yang bengkak.

  • Pakai bra yang pas dan nyaman

Bra yang kekecilan atau terlalu kencang bisa menyebabkan rasa nyeri dan nggak nyaman selama menstruasi. Hal ini disebabkan karena pada masa ini, payudaramu lagi membengkak dan bertambah besar. Jadi, pakailah bra yang ukurannya pas dan nyaman di tubuhmu, sehingga bisa menyangga payudaramu dengan baik. Sebaiknya, kaitkan bra di bagian yang paling longgar supaya payudaramu juga nggak bakal sakit, Girls.

  • Kurangi kafein dan garam

Kafein dan garam diketahui bisa menyebabkan pengumpulan cairan di dalam kelenjar tubuh, sehingga kondisi ini malah memperburuk nyeri payudara yang kamu rasakan. Sebaiknya, kamu kurangi asupan kafein dan garam dari seminggu sebelum menstruasi supaya bisa mencegah terjadinya nyeri payudara.

  • Minuman hangat

Kamu memang disarankan untuk menghindari minuman yang berkafein seperti teh. Tapi, jenis teh herbal seperti chamomile ternyata bisa membantu mengatasi nyeri payudaramu lho! Minumlah teh jenis ini saat sore hari supaya nyeri mereda dan tubuhmu jadi lebih relaks.

  • Olahraga

Setiap kali kamu berolahraga, tubuhmu akan memproduksi endorfin, yaitu sejenis hormon yang berfungsi untuk meredakan nyeri dan bisa membantu tubuhmu merasa lebih nyaman. Mungkin kamu langsung berpikir, “Bukannya jadi tambah sakit ya, kalau berolahraga?”. Jogging memang salah satu olahraga yang bisa memicu rasa nyeri di payudara, tapi kalau jalan kaki, stretching, dan yoga masih bisa kamu lakukan karena nggak terlalu menyebabkan rasa nyeri di payudara, Girls. So, nggak ada alasan lagi kan, untuk bermalas-malasan pas menstruasi?

  • Minum cukup air

Girls, pastikan kamu mengonsumsi cukup air. Pemenuhan kebutuhan air ke dalam tubuhmu selama menstruasi akan membantu proses penyesuaian seluruh tubuhmu terhadap naik turunnya kadar hormon reproduksimu. Sebaiknya, kamu rutin minum air minimal 8 gelas per hari ya!

Gampang banget kan, Girls? Walaupun nyeri payudara ini akan mereda setelah menstruasi datang, tapi kalau dibiarkan begitu aja, pasti aktivitasmu jadi terganggu deh! Makanya, kalau payudaramu tiba-tiba terasa nyeri pas PMS, jangan lupa untuk melakukan cara-cara di atas, supaya kamu tetap merasa nyaman menjelang menstruasimu! Tapi kalau nyerinya masih dirasakan setelah menstruasi, mending kamu langsung bicara sama mama dan minta diantar ke dokter ya, Girls!

Kamu punya cara lain untuk mengatasi nyeri payudara pas PMS? Tulis di kolom komentar yuk! Ajak juga teman-teman cewekmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau cara mengatasi nyeri payudaranya pas PMS!

Related Articles

First Timer
30 Sep 2019

Hindari 4 Hal Ini Supaya Miss V Nggak Cedera!

Girls, kamu pernah nggak sih, mengalami cedera di sekitar vaginamu tapi kamu nggak sadar sama penyeb...
First Timer
30 Sep 2019

Perlu Nggak sih, Ganti Pembalut Setiap 4 Jam?

Kamu pasti udah hafal banget, kalau pas menstruasi, para cewek diingatkan untuk mengganti pembalut s...
First Timer
05 Sep 2019

Lemas Pas Menstruasi? Nggak Asik ah!

Saat menstruasi, cewek rata-rata mengeluhkan lemas dan lebih suka tidur-tiduran. Benar nggak, Girls?...