7 Langkah Tepat Cuci Underwear
ask dr laurier

7 Langkah Tepat Cuci Underwear

7 Langkah Tepat Cuci Underwear

31 Aug 2019

7 Langkah Tepat Cuci Underwear

Ada satu hal yang wajib kamu tau nih, Girls! Apa tuh? Selama menstruasi, kamu harus memakai baju yang bersih setiap habis mandi, terutama underwear. Kenapa? Hal ini dilakukan supaya area vaginamu selalu terjaga kesehatan dan kebersihannya. Tapi kira-kira gimana ya, cara mencuci underwear-mu supaya selalu bersih dan bisa menjaga kesehatan area vaginamu? Gampang kok! Yuk, lakukan beberapa hal di bawah ini, Girls!

  • Langsung cuci underwear yang udah kamu pakai. Jangan menumpuk dan menunda untuk mencucinya, karena kelembapan yang menyerap ke dalam serat kain underwear-mu bisa memicu jamur dan bakteri yang akhirnya malah bikin kamu harus ekstra untuk mencucinya.
  • Kalau underwear terkena noda darah, cuci pakai air dingin. Jangan pakai air panas karena suhu panas bisa membuat noda darah menempel lebih pekat pada serat kain, sehingga noda darah susah hilang.
  • Pakai detergen khusus yang hypoallergenic. Biasanya jenis detergen ini lembut dan dibuat khusus untuk mencuci jenis baju tertentu, seperti baju bayi.
  • Bilas underwear-mu dua kali dengan air bersih setelah dicuci supaya nggak ada detergen yang tersisa di serat kainnya.
  • Jangan memakai pelembut pakaian saat mencuci underwear. Karena pelembut biasanya dicampur dengan pewangi yang bisa memicu iritasi kulit di sekitar vaginamu.
  • Jemur celana dalam di bawah sinar matahari langsung walaupun udah dikeringkan dengan mesin pengering. Karena sinar matahari bisa membunuh bakteri dan bibit penyakit yang mungkin masih ada di serat kain underwear-mu.
  • Setelah kering, setrikalah underwear-mu. Pastikan semua bagian kain terkena suhu panas setrika secara merata. Suhu panas dari sertika juga bisa membasmi bibit penyakit yang mungkin masih tertinggal di underwear-mu.

Langkah mencuci dan membersihkan celana dalam yang tepat adalah salah satu faktor yang bisa meminimalisir iritasi di kulit sekitar area vaginamu, sehingga area vaginamu selalu sehat. Cara mencucinya juga nggak ribet kok! Jadi mulai sekarang kamu harus memastikan underwear-mu selalu bersih ya, apalagi kalau dipakai saat menstruasi. Karena kalau tubuhmu sehat, aktivitasmu juga pasti jadi lancar! Be clean and healthy, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka lebih cermat dalam membersihkan underwear-nya!

Related Articles
First Timer
22 Sep 2021

7 Tanda Pubertas yang Perlu Kamu Ketahui

Puber atau pubertas adalah hal wajar yang akan dialami semua orang. Biasanya puber ini ditandai deng...
First Timer
09 Dec 2019

Benar Nggak sih, Warna Darah Menstruasi Selalu Merah?

Girls, kalau darah menstruasimu yang keluar berwarna kecokelatan atau kehitaman, pastinya bikin kamu...
First Timer
09 Dec 2019

4 Fakta dari Pembalut Sekali Pakai

Kalau udah ngomongin tentang menstruasi pastinya berhubungan sama pembalut yang kamu pakai kan, Girl...