6 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Jerawatmu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

6 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Jerawatmu!

6 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Jerawatmu!

12 Dec 2019

6 Kebiasaan yang Bisa Memperburuk Jerawatmu!

Girls, di masa periode menstruasimu, ketika kadar hormon tubuhmu nggak seimbang, hal ini yang menyebabkan kelenjar minyak di bawah kulitmu menghasilkan lebih banyak minyak. Setelah itu minyak yang berlebih akan naik ke permukaan kulit melalui pori-pori, dan sel kulit mati, sehingga kotoran semakin lengket menempel pada permukaan kulit, serta menyumbat pori-pori. Alhasil, maka terbentuklah jerawat. Tapi, selain dipicu naik turunnya kadar hormon, ada beberapa kebiasaan yang bisa memperburuk jerawatmu pada masa menstruasi lho, Girls!

  • Handphone kotor. Bayangkan saja wajah yang sedang berminyak menjelang menstruasi terpapar handphone yang bisa jadi diletakkan di tempat yang tak bersih. Jadi, cobalah untuk memerhatikan kebersihan HPmu ya, Girls.
  • Terlalu sering membersihkan wajah. Terlebih dengan produk pembersih yang bisa memicu produksi kelenjar minyak dan justru semakin meningkatkan risiko terbentuknya jerawat. Kita hanya perlu membersihkan wajah 2 kali sehari.
  • Keliru membersihkan wajah. Pembersih wajah yang mengandung butiran, bisa menyebabkan iritasi pada kulit wajah kalau digunakan setiap hari, Girls. Kondisi ini bisa memicu terjadinya jerawat. Penggunaan pembersih dengan butiran, sebaiknya hanya dilakukan dua kali seminggu.
  • Krim wajah. Krim wajah yang digunakan berlebih cenderung nggak segera diserap kulit, sebaliknya malah bisa menyumbat pori-pori, dan memicu jerawat. Pastikan kamu hanya mengambil krim seukuran kacang polong, setiap kali akan menggunakannya.
  • Memencet jerawat. Saat memencet jerawat, kotoran yang ada di permukaan jerawat bisa keluar, tetapi sebagian kotoran justru terdorong ke dalam, dan menyebabkan penyumbatan dan jerawat semakin meradang.
  • Makanan manis dan bertepung. Sampai saat ini para ahli belum bisa membuktikan ada makanan tertentu yang memicu jerawat. Tapi, makanan bertepung dan manis seperti roti, pasta, keripik kentang, biskuit dan kue diduga berhubungan dengan jerawat, sekalipun nggak pasti. Hmm... sekalipun nggak jelas, ya mending dihindari deh, Girls.

Jadi, udah tau kan, Girls, faktor yang bisa memicu jerawatmu semakin buruk? Jangan lupa perhatikan hal-hal di atas supaya jerawat nggak berlama-lama "tinggal" di wajahmu saat menstruasi. Be aware, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu baca artikel ini, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui kebiasaan buruk yang bikin jerawat semakin parah saat menstruasi.

Related Articles

First Timer
16 Sep 2019

Underwear Nyaman, Menstruasi Jadi Aman

Sama halnya seperti pilihan warna dan model, jenis underwear yang kamu pakai pas menstuasi juga terg...
First Timer
18 Dec 2019

Mitos vs Fakta Menstruasi, Mana yang Benar?

Girls, kamu pasti sering denger temen bilang “eh jangan minum air dingin kalo mens” atau...
First Timer
12 Sep 2019

Ada Apa Sama Kulitku Pas Menstruasi?

Girls, kamu pasti sadar kan, kalau menstruasi itu bisa menyebabkan berbagai hal sama tubuhmu. Keluha...