5 Tahap Perubahan Jadi ABG
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

5 Tahap Perubahan Jadi ABG

5 Tahap Perubahan Jadi ABG

01 Oct 2019

5 Tahap Perubahan Jadi ABG

Proses pertumbuhan cewek menjadi dewasa memang nggak ditentukan sama usia, Girls. Tapi, hampir setiap cewek akan melalui lima tahap perubahan untuk menjadi dewasa. Kamu udah tau belum nih, tahap aja aja yang akan kamu lalui? Let’s check this out, Girls!

  1. Pada tahap pertama, perubahan tubuhmu hampir nggak terlihat. Tapi di dalam rongga perut, indung telurmu mulai membesar dan hormon reproduksi mulai diproduksi. Umumnya, proses ini terjadi saat usiamu 8 - 11 tahun.

  2. Tahap kedua akan berlangsung antara usia 11 - 12 tahun. Pada saat ini, payudaramu akan membesar dan tubuhmu bertambah tinggi. Di tulang pubis bagian atas vagina mulai terlihat bulu-bulu halus.

  3. Pertumbuhan payudara dan rambut pubis akan berlanjut sampai tahapan ini. Pada tahap ini mungkin ada hal yang bikin kamu cemas, di mana mulai terlihat cairan putih yang keluar dari vagina. Tapi kamu nggak perlu panik, karena itu adalah proses alami tubuhmu untuk membersihkan area vaginamu. Biasanya tahap ini akan berlangsung pada usia 12 - 13 tahun. Kadang beberapa cewek juga mulai mengalami menstruasi pertamanya pada tahap ini.

  4. Pada usia 13 - 14 tahun, rambut pubis mulai tumbuh merata dan menutupi area kulit di sekitar tulang pubis serta membentuk segitiga menuju bibir vagina. Tapi, nggak selalu tumbuh dengan lebat kok, Girls. Kalau udah mengalami menstruasi pertama di tahap sebelumnya, biasanya pada tahap ini menstruasimu cenderung nggak teratur. Hal ini disebabkan karena sel telurmu belum matang dengan sempurna.

  5. Tahap terakhir akan berlangsung saat kamu memasuki usia antara 14 - 17 tahun. Saat ini tubuhmu udah mendekati bentuk tubuh cewek dewasa, Girls. Tubuhmu akan terlihat berlekuk karena payudara dan panggulmu yang membentuk kurva, mirip dengan jam pasir. Rambut pubismu juga udah tumbuh layaknya orang dewasa. Selain itu, menstruasimu juga akan mulai teratur dengan sendirinya.

Kira-kira perkembangan tubuhmu udah sampai mana nih, Girls? Mulai sekarang kamu bisa memantau sampai tahap mana tubuhmu berproses menuju dewasa. Jangan lupa untuk menjaga pola hidup sehat seperti mengonsumsi nutrisi yang seimbang, istirahat yang cukup dan berolahraga supaya tubuhmu selalu sehat selama melalui lima tahap di atas, Girls.

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka bisa memantau tahap pertumbuhannya menuju dewasa!

Related Articles

First Timer
27 Sep 2019

Ramuan Alami Pereda Kembung

Kamu sering merasakan kembung menjelang menstruasi nggak, Girls? Biasanya kembung akan terjadi karen...
First Timer
03 Dec 2019

8 Gejala Puber Cewek

Saat kamu memasuki masa puber, hal itu akan membawa berbagai perubahan dalam hidup juga bentuk fisik...
First Timer
06 Dec 2019

Menstruasi Nggak Teratur, Masih Normalkah?

“Lho, harusnya kan bulan ini menstruasi”, “padahal baru seminggu kemarin selesai, ...