5 Fakta Tentang Si “Menarche”
ask dr laurier

5 Fakta Tentang Si “Menarche”

5 Fakta Tentang Si “Menarche”

14 Oct 2019

5 Fakta Tentang Si “Menarche”

“Kenapa sih, aku belum menstruasi?” Pasti pertanyaan ini sering banget muter-muter di otakmu, betul nggak, Girls? Apalagi kalau semua temanmu udah mengalami menstruasi pertamanya (menarche), rasa khawatirmu jadi makin menjadi-jadi. Iya kan? Nah, supaya kamu nggak makin bingung, coba cari jawabannya di bawah ini yuk!

  • Tanda awal seorang cewek akan mengalami menstruasi adalah saat bulu-bulu halus mulai tumbuh di tubuhmu. Biasanya sekitar dua tahun sejak pertumbuhan payudara dimulai, dan sekitar satu tahun setelahnya vaginamu akan memproduksi cairan. Rata-rata cewek mengalami menstruasi pada usia 12 tahun, tapi pada dasarnya setiap cewek itu berbeda karena proses perkembangan tubuhnya juga berbeda.
  • Kalau kamu udah merasakan tanda-tanda di atas, sebaiknya bilang pada ibu atau kakak perempuanmu, kalau kamu sepertinya akan mengalami menstruasi dan kamu butuh pembalut. Mulai saat ini, biasakanlah untuk selalu membawa pembalut kemana pun kamu pergi, supaya kamu siap siaga saat menstruasi pertama datang.
  • Menstruasi pertama biasanya nggak akan berlangsung lama, karena tubuhmu membutuhkan waktu untuk mengatur menstruasimu secara teratur.
  • Darah menstruasi yang keluar memang terlihat banyak, tapi sebenarnya cuma sekitar 3 – 5 sendok makan aja kok. Menstruasi juga nggak akan langsung terjadi, karena biasanya cuma terlihat noda merah kecokelatan pada celanamu.
  • Kalau menstruasi pertamamu datang dan kamu belum siap, jangan panik! Kamu bisa menutupi noda darah yang mungkin tembus di pakaianmu dengan jaket atau sweater. Kalau kamu udah mengalaminya, maka kamu bisa mengatasinya dengan selalu membawa underwear cadangan di dalam tasmu.

Gimana? Hal-hal di atas udah cukup menjawab pertanyaanmu tentang menstruasi pertama kan, Girls? Kalau kamu udah paham, berarti kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik menjelang menstruasi pertamamu yang akan datang. So, don’t worry, Girls!

Share artikel ini ke teman-temanmu yuk, supaya mereka bisa mempersiapkan diri untuk menstruasi pertamanya!

Related Articles
First Timer
31 Aug 2019

Benar Nggak ya, Menstruasi Bikin Nggak Bisa Tambah Tinggi Lagi?

Girls, kalau kamu udah menstruasi itu artinya sistem reproduksimu udah sempurna dan bisa berfungsi s...
First Timer
11 Nov 2021

Benarkah Obesitas Bisa Ganggu Siklus Menstruasi?

Kebijakan bekerja dan sekolah dari rumah membuat beberapa orang jarang olahraga ke luar rumah dan le...
First Timer
23 Dec 2021

Tips Mudah Memutihkan Selangkangan

Selangkangan yang menghitam mungkin bikin kurang pede bagi sebagian wanita. Belum lagi kalau ditamba...