ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Tips Supaya Tetap Fresh Selama Menstruasi

4 Tips Supaya Tetap Fresh Selama Menstruasi

23 Jun 2019

4 Tips Supaya Tetap Fresh Selama Menstruasi

Aktivitas yang padat pasti bikin kamu harus selalu tampil prima, kan? Eits, bukan cuma soal make up aja lho, Girls, tapi juga kebersihan diri. Kamu sadar nggak, kalau hal inilah yang jadi masalah setiap kali kamu menstruasi. Selain merasa takut bakal tembus, kamu juga jadi risi karena nggak nyaman kalau membayangkan aromanya. Nah, karena alasan inilah, banyak cewek yang merasa perlu membawa cairan pembersih atau penyegar yang khusus dibuat untuk membersihkan vagina. Hmm….sebenarnya itu perlu nggak, sih? Dibanding repot, mending kamu coba beberapa tips di bawah ini, yuk!

  • Sebenarnya kamu nggak perlu cemas kalau aroma darah menstruasimu itu bakal tercium sama orang lain. Karena aroma tersebut cuma bisa tercium kalau seorang cewek nggak menggunakan pakaian dalam.
  • Pastikan aja kalau kamu selalu teratur mengganti pembalut setiap 4 jam, setiap kali habis berkemih atau BAB, dan sehabis mandi. So, kamu nggak cuma merasa aman terhindar dari aroma yang nggak sedap itu, tapi kamu juga baka selalu merasa bersih dan segar!
  • Selalu ingat untuk membersihkan vagina setiap mau ganti pembalut. Gerakan yang dilakukan saat membersihkan vagina adalah gerakan dari arah depan ke belakang, untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri, virus dan kotoran dari saluran pembuangan ke area vagina. Jangan lupa juga untuk memakai air bersih ya, Girls! Kalau bisa kamu pakai air hangat untuk membersihkannya secara khusus pas lagi mandi, supaya kamu merasa lebih bersih.
  • Pastikan juga kamu selalu menggunakan celana dalam berbahan katun atau kaus yang menyerap keringat. Jenis bahan ini bakal membantumu merasa lebih segar, karena bisa menyerap keringat dan nggak menghambar sirkulasi udara ke kulit di area vagina.

Nah, sekarang kamu tinggal lakukan tips-tips di atas deh, Girls! Nggak ribet, kan? Asalkan kamu bisa menjaga kebersihan area vaginamu dengan baik, maka kamu bakalan merasa segar terus sepanjang hari!

Apa sih, yang biasa kamu lakukan supaya tetap fresh pas lagi menstruasi? Ceritakan di kolom komentar, yuk! Jangan lupa juga share artikel ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka bisa tetap bersih dan fresh selama menstruasi!

Related Articles

First Timer
11 Dec 2019

Cowok Tahu Kamu lagi Menstruasi? Pede Aja!

Saat menstruasi kamu pernah salah tingkah nggak, Girls, karena takut kalau teman cowok tahu? Kalau i...
First Timer
19 Aug 2019

Gejala Nyeri Menstruasi yang Harus Kamu Waspadai

Girls, kamu pernah nggak sih, merasakan nyeri di bagian perut pas lagi menstruasi? Nah, sebenarnya k...
First Timer
15 Oct 2021

Kapan Menstruasimu Bisa Dianggap Gak Normal?

Apa kamu pernah mengalami menstruasi yang gak lancar? Biasanya sih ditandai dengan siklus menstruasi...