ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Tips Buat Detoks Tubuhmu Pas Menstruasi

4 Tips Buat Detoks Tubuhmu Pas Menstruasi

03 May 2013

4 Tips Buat Detoks Tubuhmu Pas Menstruasi

Kamu sering ngerasa capek padahal nggak begitu banyak aktivitas? Atau... Jadi gampang sakit terus susah buat konsentrasi? Hati-hati lho, Girls, kondisi kayak gitu ternyata disebabkan oleh racun yang udah mengendap di dalam tubuh kamu, jadi membuat metabolisme kamu terganggu dan bikin tubuh nggak prima. Pastinya endapan racun ini harus buru-buru dikeluarkan dari dalam tubuh, supaya tubuhmu bisa tetep sehat.

Nah, ternyata pas cewek lagi menstruasi, tubuh secara alami bakalan melakukan pembersihan, lho! Kamu bisa memanfaatkan masa menstruasi untuk melakukan detoksifikasi pada tubuh. Kamu mau coba? Ikutin aja tips-tips berikut ini:

  1. Konsumsi minuman herbal

Pilih salah satu jenis minuman herbal atau suplemen yang bakalan kamu konsumsi pas menstruasi. Jenis minuman herbal dan suplemen yang biasanya dipake untuk proses pembersihan adalah akar dandelion, jahe, sarsaparilla, dan seledri. Supaya proses pembersihan bisa berlangsung optimal, paling nggak kamu konsumsi dua kali sehari; pada pagi dan malam hari. Sebaiknya juga dikonsumsi sebelum makan, supaya hati dan ginjal bisa lebih gampang mengolah makanan.

  1. Relaksasi

Racun tubuh bisa mengendap karena adanya ketegangan. Makanya, sangat disarankan supaya pas lagi menstruasi, kamu bisa menyisihkan waktu buat istirahat dan relaksasi. Melakukan olahraga yoga adalah salah satu saran, karena gerakan-gerakan yoga bisa ngasih efek yang menenangkan dan relaks pada tubuh. Tubuh yang relaks bakalan membantu proses pembersihan yang dilakukan.

  1. Minum air

Mengonsumsi banyak air bakalan membantu pengeluaran racun dari dalam tubuh. racun akan keluar lewat urine dan keringat. Nggak cuma itu, mengonsumsi air yang cukup juga bisa mencegah terjadinya dehidrasi. Saat menstruasi, sebaiknya kamu minum 2 liter air supaya proses pembersihan bisa berjalan dengan baik.

  1. Jangan konsumsi makanan olahan, rokok dan alkohol

Kalau kamu mengonsumsi unsur-unsur tersebut pas lagi menstruasi, sama aja kayak kamu masukin “sampah” ke dalam tubuh kamu sendiri, dan memaksa ginjal serta hati buat kerja lebih ekstra. Padahal saat menstruasi, tubuh lagi melakukan proses pembersihan secara alami.

Oke, sekarang kamu udah tau kan, Girls, kalau menstruasi ternyata ngasih manfaat yang baik juga buat tubuh kamu. Asalkan kamu bisa menjaga kesehatan tubuh kamu dengan baik juga, plus ikutin empat tips di atas!

Kalau kamu punya tips lain untuk detoks tubuh pas lagi menstruasi, kamu bisa bagikan di kolom komentar ya! Ajak temen-temen kamu untuk baca artikel ini juga yuk, supaya mereka bisa ikutin tips-tips bermanfaat di atas!

Related Articles

First Timer
16 Sep 2019

Makanan Lezat Pereda PMS

Girls, kamu sering merasakan gejala PMS menjelang menstruasi nggak? Biasanya kamu pakai cara apa unt...
First Timer
11 Sep 2019

Jangan Gampang Percaya Sama Mitos Menstruasi!

Kamu sering dengar nasehat kuno tentang menstruasi nggak, Girls? Kadang nasehat kuno itu bagian dari...
First Timer
29 Nov 2019

Kok Banyak Cairan Sebelum Menstruasi?

Girls, kamu udah tau belum kalau sebenarnya setiap hari vagina memproduksi cairan? Tapi menjelang me...