4 Nutrisi Penting untuk Masa Pubermu
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Nutrisi Penting untuk Masa Pubermu

4 Nutrisi Penting untuk Masa Pubermu

22 Aug 2019

4 Nutrisi Penting untuk Masa Pubermu

Masa puber setiap cewek pasti berbeda-beda. Tapi, rata-rata masa puber cewek dimulai antara usia 9 – 15 tahun dan berhenti di akhir usia 20 tahun. Sepanjang masa itu, tubuhmu akan mengalami perubahan, seperti payudara dan pinggul yang membesar, tumbuh bulu di beberapa bagian tubuh, lebih sensitif, tertarik dengan lawan jenis, sampai mengalami menstruasi yang menandakan kalau sistem reproduksimu udah matang.

Semua perubahan selama masa pubermu itu dipengaruhi oleh hormon LH (Luteinising Hormone), FSH (Follicel Stimulating Hormone) yang bisa membuat tinggi badan bertambah dan, estrogen yang cuma dimiliki cewek untuk merangsang pertumbuhan organ reproduksi. Supaya hormon-hormon itu bisa bekerja secara optimal, tubuhmu memerlukan asupan nutrisi yang penting nih, Girls. Kira-kira apa aja ya?

  • Zat besi. Nutrisi yang satu ini berguna untuk menggantikan sel darahmu yang hilang selama menstruasi. Zat besi bisa diperoleh dari jenis makanan seperti gandum, kacang-kacangan, daging dan ikan.
  • Kalsium. Tubuhmu membutuhkan kalsium untuk membentuk tulang. Supaya kamu nggak terkena gejala osteoporosis di masa depan, maka kamu butuh banget kalsium selama masa pubermu. Kamu bisa dapatkan nutrisi ini dari susu, yoghurt, keju dan sayuran hijau.
  • Protein. Selama masa pertumbuhan, protein dibutuhkan untuk membentuk otot dan jaringan tubuhmu supaya kamu bisa lincah beraktivitas setiap hari. Tahu, tempe, telur, ikan dan daging adalah jenis makanan yang banyak mengandung protein.
  • Lemak. Ternyata mengonsumsi lemak dalam jumlah yang tepat juga dibutuhkan banget lho, selama masa pubermu! Karena lemak adalah sumber energi dalam tubuh. Lemak yang baik bisa kamu dapatkan dari kacang-kacangan, salmon dan minyak zaitun.

Saat kamu masih dalam masa puber, pastikan untuk banyak mengonsumsi makanan yang mengandung empat nutrisi di atas, supaya proses pertumbuhanmu lancar! Kalau tubuh dan organ reproduksimu berkembang dengan baik, maka menstruasimu pastinya bakal teratur, Girls!

Yuk, ajak teman-teman cewekmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau makanan apa aja yang bermanfaat untuk masa pubernya!

Related Articles

First Timer
26 Jan 2022

Gangguan Menstruasi yang Sering Terjadi Pada Wanita

Tidak sedikit wanita mengalami gangguan menstruasi. Mulai dari siklus menstruasi yang maju mundur, d...
First Timer
30 Sep 2019

Yuk, Selalu Siap Sedia Pembalut!

Kamu pernah nggak sih, Girls, kehabisan stock pembalut pas lagi menstruasi? Alhasil kamu memakai pem...
First Timer
27 Sep 2019

Jangan Tunda Buang Air Kecil!

Girls, kamu pernah nggak sih, pas mau buang air kecil malah harus ditahan dulu karena lagi in the mi...