ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Kategori Gejala PMS yang Biasa Dialami Cewek

4 Kategori Gejala PMS yang Biasa Dialami Cewek

06 Aug 2019

4 Kategori Gejala PMS yang Biasa Dialami Cewek

Girls, kamu udah paham kan, apa itu PMS? PMS biasanya dirasakan seminggu sebelum menstruasi, mulai dari moody, nafsu makan meningkat, sampai rasa pegal-pegal di seluruh badan. Kalau harus dijelaskan satu-satu, gejala PMS ini pasti banyak banget macamnya. Makanya, para ahli kesehatan reproduksi udah membagi gejala PMS ke dalam empat kategori sebagai berikut:

  • Perubahan selera makan dan gangguan perut

Menjelang menstruasi, ada cewek yang suka ngidam jenis makanan tertentu seperti makanan manis (cokelat) atau makanan asin (keripik kentang). Ada juga yang mengalami kembung, kehilangan selera makan, dan sembelit. Para ahli berpendapat kalau kondisi ini nggak lepas dari pengaruh kadar hormon yang naik turun pada saat itu.

  • Jerawat

Jerawat adalah salah satu jenis PMS yang paling umum dialami sama setiap cewek. Naik turunnya kadar hormon yang dialami menjelang menstruasi bisa memicu produksi minyak kulit jadi lebih banyak. Akibatnya, permukaan kulit yang berminyak itu bisa menyumbat pori-pori dan memerangkap kotoran atau kulit mati yang akhirnya membuat kulitmu ditumbuhi jerawat.

  • Nyeri

Berbagai nyeri bisa dialami menjelang menstruasi seperti nyeri punggung, sakit kepala, payudara sensitif dan nyeri sendi.

  • Gangguan emosi

Kamu setuju nggak, Girls, kalau moody itu jenis PMS yang kategorinya paling parah? Contoh dari gejala yang dirasa mengganggu itu seperti gampang tersinggung, marah-marah, sedih, depresi, dan gampang panik. Sebagiannya, ada juga yang jadi pelupa dan susah berkonsentrasi menjelang menstruasi.

Seorang cewek bisa mengalami gejala PMS lebih dari satu kategori atau bahkan semuanya lho, Girls. Tapi, ada juga yang nggak mengalaminya sama sekali tergantung kadar hormon yang ada di dalam tubuhnya.

Nah, sekarang kamu jadi lebih gampang untuk mengenal gejala PMS lewat empat kategori di atas kan? Kira-kira kamu lebih sering mengalami kategori PMS yang mana nih? Share di kolom komentar yuk! Jangan lupa juga ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau apa aja kategori PMS!

Related Articles

First Timer
06 Sep 2019

Berenang Pas Menstruasi Itu Boleh Nggak sih?

Kamu pernah dengar tentang larangan berenang pas menstruasi nggak, Girls? Kabarnya kalau kamu berena...
First Timer
30 Sep 2019

Gawat, Kram Menstruasi Menyerangku di Sekolah!

Kram menstruasi bisa dialami kapan dan di mana aja. Right, Girls? Bayangin kalau kamu mengalami kram...
First Timer
22 Jan 2024

Perlu Nggak Sih Pap Smear Rutin Kalau Tidak Aktif secara Seksual?

Pap smear atau pap test adalah prosedur untuk mengetahui atau mendeteksi adanya kanker serviks sedin...