ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Hal yang Bikin Kamu Nggak Menstruasi Tepat Waktu

4 Hal yang Bikin Kamu Nggak Menstruasi Tepat Waktu

18 Nov 2019

4 Hal yang Bikin Kamu Nggak Menstruasi Tepat Waktu

Girls, saat kamu memasuki masa puber dan pertama kali mengalami menstruasi, pasti siklus menstruasimu nggak teratur, seperti siklus yang terlalu cepat dari biasanya atau lambat dari perkiraan yang udah kamu hitung. Benar nggak? Eits, kamu nggak perlu panik, Girls! Karena selama usia remaja, menstruasi memang cenderung nggak teratur kok.

Berdasarkan data medis, sejak seorang cewek mengalami menstruasi pertama, tubuhnya membutuhkan waktu selama 2 tahun untuk mengatur siklus menstruasi terjadi secara teratur. Tapi kalau menstruasimu udah datang secara teratur, dan tiba-tiba berhenti, sebaiknya kamu waspada ya, Girls! Kondisi tersebut bisa aja terjadi karena hal-hal di bawah ini:

  • Olahraga berlebihan

Aktivitas olahraga yang dilakukan secara teratur, memang akan berdampak baik buat tubuh kamu. Tapi kalau olahraga yang dilakukan terbilang intens dan ekstrem, sampai membuat tubuhmu mengeluarkan banyak tenaga, maka hal itu malah membuat menstruasimu jadi nggak teratur. Kondisi ini bukan gangguan kesehatan, melainkan cara tubuhmu untuk mengembalikan energi yang udah kamu keluarkan. Biasanya, menstruasi akan kembali normal kalau kamu berhenti melakukan olahraga yang berlebihan, Girls.

  • Amenorrhea

Amenorrhea adalah kondisi di mana kamu nggak mengalami menstruasi. Ada dua jenis amenorrhea, yaitu amenorrhea primer dan sekunder. Kalau sebelumnya kamu udah mengalami menstruasi, dan tiba-tiba tertunda sampai 6 bulan atau lebih, maka kondisi ini adalah amenorrhea sekunder. Tapi, kalau kamu sampai usia 16 tahun nggak mengalami mensturasi juga, inilah yang dikategorikan sebagai amenorrhea primer.

  • Stres

Girls, mungkin ada banyak kejadian di sekeliling kamu yang nggak menyenangkan, sehingga membuatmu stres. Kalau terlalu sering mengalami stres, maka bisa memicu gangguan emosional pada dirimu lho. Hal itu menyebabkan kadar hormonmu jadi nggak seimbang, sehingga siklus menstruasimu juga jadi terganggu.

  • Gangguan pola makan

Girls, kalau kamu mau punya tubuh yang langsing untuk menunjang penampilanmu, maka lakukan diet dengan cara yang tepat ya! Diet yang tepat itu bukan yang mengharuskan kamu nggak makan sama sekali lho, Girls. Justru hal itu malah bisa memicu gangguan pola makan, yaitu Anorexia nervosa, atau disertai dengan memuntahkan makanan yang udah dimakan, yang bisa disebut dengan Bulimia nervosa. Kondisi ini bisa menyebabkan gangguan serius, karena tubuhmu jadi nggak menyerap nutrisi yang cukup.

Nah, mulai sekarang waspadai 4 hal di atas ya, Girls! Tetap jaga kesehatanmu dengan aktivitas olahraga ringan bukan dengan olahraga ekstrem, hindari stres, jaga pola makan dengan baik, dan istirahat yang cukup. Kalau kamu mengalami gejala amenorrhea, sebaiknya segera konsultasi ke dokter supaya bisa ditangani dengan tepat. So, keep your healthy, Girls!

Yuk, ajak teman-teman kamu untuk baca artikel ini, supaya mereka tau penyebab yang bisa mengganggu siklus menstruasinya!

Related Articles

First Timer
13 Aug 2019

Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?

Hari pertama menstruasi biasanya darah yang keluar itu sedikit karena volume darah bakalan banyak di...
First Timer
10 Aug 2019

Malas Ganti Pembalut? Awas Kena TSS!

Girls, mengganti pembalut pas lagi menstruasi itu emang jadi hal yang penting banget untuk para cewe...
First Timer
28 Nov 2019

Nyeri Meradang, Menstruasi Nggak Datang

Kamu pernah nggak sih, merasakan nyeri perut yang sakit banget? Seperti mau menstruasi, tapi padahal...