4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek
ask dr laurier

4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek

4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek

31 Aug 2019

4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek

Girls, kalau menstruasimu tiba-tiba nggak teratur pasti bikin kamu jadi bingung atau khawatir, benar nggak? Karena sebenarnya cewek yang sehat pasti menstruasinya teratur dengan volume darah yang normal. Tapi sebelum kamu panik memikirkannya, kamu harus tau kalau gejala menstruasimu memang mungkin berubah-ubah lho. Nah, berikut ini beberapa perubahan gejala menstruasi yang mungkin kamu alami:

  1. Siklus nggak normal, sering nggak menstruasi tapi nggak hamil

dr. Mary Jane Minkin, ahli kebidanan dari Yale University School of Medicine menjelaskan dalam artikel webmed.com bahwa, “Umumnya perempuan mengalami penundaan menstruasi setidaknya sekali setahun”. Menurutnya kondisi itu menandakan ovulasi yang tertunda dan biasanya disebabkan karena stres. Tapi kalau menstruasimu tertunda lebih dari satu siklus, lebih baik segera berkonsultasi ke dokter. Kondisi itu bisa dipicu karena Polycystic Ovarian Syndrome (PCOS) atau gangguan tiroid yang bisa menunda ovulasi.

  1. Selalu mengalami diare sebelum menstruasi

Diare sebelum menstruasi termasuk gejala PMS. Kondisi ini disebabkan karena produksi hormon prostagladin yang bisa merangsang kontraksi di dinding rahim dan usus. Pada cewek yang sensitif, kontraksi usus ini bisa memicu diare. Jadi, sebenarnya diare menjelang menstruasi adalah gejala sensitivitas seseorang, bukan karena gangguan penyakit apapun. So, kamu nggak perlu khawatir lagi, Girls!

  1. Terjadi perdarahan yang hebat secara tiba-tiba

Menurut dr. Mary Jane, nggak masalah kalau kondisi ini terjadi sesekali. Tapi kalau terus-menerus, lebih baik segera periksakan diri ke dokter obgyn, supaya tau apa penyebabnya. Karena bisa jadi ini gejala dari endometriosis, fibroid atau tumor di dinding rahim. Hal lain yang harus langsung kamu tangani adalah dampak dari perdarahan berat ini, yaitu anemia.

  1. Keluar bercak-bercak di luar menstruasi

Kamu harus memastikan kapan dan seberapa banyak bercak itu terlihat. karena bercak yang normal bisa dialami di tengah siklus reproduksimu. dr. Mary Jane menjelaskan kalau bercak disertai menstruasi atau nyeri perut yang hebat, lebih baik langsung periksakan diri ke dokter untuk dilakukan USG supaya bisa memastikan gangguan yang kamu alami.

Gimana, Girls? Sekarang kamu nggak bingung lagi kan, kalau tiba-tiba mengalami beberapa gejala menstruasi seperti di atas? Supaya menstruasimu lancar, pastikan untuk selalu menjaga pola makan, istirahat yang teratur, hindari stres, dan rajin berolahraga. Karena kalau tubuhmu sehat, aktivitasmu pasti nggak bakal tergangggu, Girls!

Yuk, ajak teman-temanmu untuk baca artikel ini supaya mereka tau tentang info ini!

Related Articles
First Timer
04 Jun 2021

Jerawatan Saat Menstruasi? Normal atau Bahaya?

“Duh sebel muka jerawatan lagi deh” “Beli serum penghilang bekas jerawat dimana ya...
First Timer
20 Nov 2019

Tanda - tanda PMS yang Nggak Biasa!

Girls, pasti kamu berpikiran kalau selama ini tanda-tanda PMS cuma kram, ingin ngemil, atau gampang ...
First Timer
05 Aug 2019

Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!

Kram perut yang kamu rasakan pas lagi menstruasi pasti menyiksa banget kan, Girls? Kadang udah minum...