4 Fakta dari Pembalut Sekali Pakai
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Fakta dari Pembalut Sekali Pakai

4 Fakta dari Pembalut Sekali Pakai

09 Dec 2019

4 Fakta dari Pembalut Sekali Pakai

Kalau udah ngomongin tentang menstruasi pastinya berhubungan sama pembalut yang kamu pakai kan, Girls? Biasanya yang kamu pikirkan tentang pembalut yaitu bentuk dan teksturnya yang nyaman. Tapi kamu tau nggak sih, Girls? Ternyata ada dua jenis pembalut yang selama ini mungkin kamu nggak tau, yaitu pembalut yang bisa dipakai berulang terbuat dari kain dan pembalut sekali pakai atau yang lebih dikenal sebagai pembalut disposable.

Nah, kamu harus tau nih, Girls, jenis pembalut disposable ini lebih disarankan penggunaannya, bukan hanya sekadar praktis, melainkan karena sisi higienitasnya. Pembalut sekali pakai ini dibuat dari bahan yang terpilih, diproses dengan standar kesehatan, dan dikemas steril, sehingga memenuhi syarat kesehatan dan nggak menyebabkan gangguan reproduksi kamu.

Pembalut disposable terbuat dari pulp, bahan yang bisa menyerap darah, jadi kalau digunakan dengan benar bisa mencegah tembus. Pulp adalah bahan yang nggak bisa didaur ulang, dan dalam proses pembuatannya saat ini udah nggak menggunakan senyawa chlorine (Chlorine free) sehingga nggak berbahaya dan nggak akan menimbulkan dioxin sehingga pembalut aman digunakan.

  • Iritasi kulit dapat terjadi kalau pembalut dipakai terlalu lama sehingga dapat memicu kelembapan. Jadi disarankan untuk selalu diganti setiap 4 jam.
  • Cuci tangan sebelum dan setelah mengganti pembalut agar kebersihan daerah pribadi tetap terjaga.
  • Jangan buang pembalut utuh ke dalam kloset, karena dapat menyumbat saluran pembuangan, melainkan menggunting ujung atas - bawahnya, dan buang pulp di dalamnya. Bungkus pembalut lalu buang di tempat sampah.
  • Pakai pembalut sesuai kebutuhan, ada pembalut siang dengan ukuran standard dan ada pembalut malam yang lebih panjang, sehingga aman dan nyaman di segala situasimu, Girls.

Sekarang udah tau kan, Girls? Dari informasi di atas kamu bisa tau faktanya kalau pembalut sekali pakai ini atau disposable sangat dijaga kebersihannya dan nggak udah nggak mengandung bahan-bahan yang bisa membuat kulit iritasi. So, always be careful ya, Girls!

Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman cewekmu, Girls! Supaya mereka juga bisa mengetahui fakta dari pembalut sekali pakai atau disposable ini.

Related Articles

First Timer
16 Aug 2019

‘Diet’ Anti-PMS

Girls, mungkin sekarang kamu lagi bingung dan bertanya-tanya, “Emang ada ya, diet anti-PMS?&rd...
First Timer
14 Oct 2019

Kenapa Cuma Aku yang Berbeda?

Kamu sering nggak sih, merasa panik karena kondisi menstruasimu berbeda sama teman-teman cewekmu? Mi...
First Timer
18 Dec 2019

Menstruasi Cuma Sehari, Wajar Nggak sih?

Kamu pernah mengalami menstruasi yang hanya terjadi sehari nggak, Girls? Hmm…itu menstruasi a...