4 Cara Atasi Sulit BAB Pas Lagi Menstruasi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

4 Cara Atasi Sulit BAB Pas Lagi Menstruasi!

4 Cara Atasi Sulit BAB Pas Lagi Menstruasi!

23 May 2019

4 Cara Atasi Sulit BAB Pas Lagi Menstruasi!

Siklus menstruasi itu ternyata benar-benar kompleks lho, Girls. Tapi intinya tetap melibatkan dua hormon utama, yaitu estrogen dan progesteron. Beberapa saat sebelum menstruasi, tubuh bakalan memproduksi lebih banyak progesteron dibanding biasanya, yang nantinya bakal berkurang drastis pas kamu lagi menstruasi.

Produksi progesteron yang banyak ini pastinya bakal memengaruhi sistem pembuangan tubuh, dengan cara menunda masuknya makanan ke usus. Hal ini menyebabkan kamu jadi mengalami gangguan BAB sebelum menstruasi. Tapi tenang aja Girls, kondisi ini bisa kamu atasi, atau bahkan kamu cegah, lho!

  • Kacang-kacangan dan kacang polong

Keduanya itu mengandung serat tinggi, dan bisa meredakan gangguan BAB. Karena keduanya memasok air ke dalam sisa pencernaan, jadi mudah dikeluarkan dari tubuh. Membeli kacang dan kacang polong olahan dalam kaleng adalah cara yang praktis, jadi bisa dipakai kapanpun kalau kamu perlu.

  • Kurangi garam dan gula

Kurangi makanan olahan atau siap saji menjelang menstruasi, karena jenis makanan ini mengandung kadar gula dan garam yang tinggi dan bakal menyebabkan gangguan pada hormon dan sistem pencernaanmu. Sebaiknya kamu jangan menambahkan garam ke dalam makanan, atau gula ke dalam minuman ya, Girls!

  • Air

Mengonsumsi cukup air itu bukan cuma untuk memastikan tubuh nggak dehidrasi aja, tapi juga bisa membuat tubuh berfungsi optimal, termasuk fungsi pencernaan dan pembuangan. Sistem pencernaan membutuhkan air untuk menguraikan makanan dan melanjutkan gerakan sisa pencernaan di dalam usus, jadi bisa mencegah terjadinya gangguan BAB.

  • Berolahraga

Olahraga adalah aktivitas yang penting dilakukan pas kamu lagi menstruasi. Bahkan, kalau bisa kamu berolahraga lebih lama dibanding pas kamu lagi nggak menstruasi; paling nggak 10-15 menit lebih lama. Olahraga bisa meningkatkan sirkulasi darah dan oksigen di dalam tubuh, termasuk ke rongga perut dan usus. Nah, kondisi ini bakal membantu memperlancar BAB.

Jadi, sekalipun produksi progesteron yang meningkat nggak bisa kamu cegah dan menyebabkan gangguan sistem pencernaan yang memicu BAB. Tapi, kalau kamu rajin olahraga, mengurangi konsumsi gula dan garam, mengonsumsi air yang cukup dan kacang-kacangan, kamu tetap bisa meredakan, bahkan menghindari gangguan BAB pas lagi menstruasi. Jangan lupa untuk selalu jaga kesehatanmu ya, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-teman cewekmu, supaya mereka juga bisa tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
31 Aug 2019

4 Gejala Menstruasi yang Bikin Panik Para Cewek

Girls, kalau menstruasimu tiba-tiba nggak teratur pasti bikin kamu jadi bingung atau khawatir, benar...
First Timer
05 Dec 2019

Kok, Bisa Tembus sih?

Hal yang paling bikin khawatir pas lagi menstruasi adalah noda darah menstruasi yang tembus ke celan...
First Timer
25 Sep 2019

Menstruasi Berhenti Pas Berenang? Kok, Bisa?

Kamu pernah mendengar cerita temanmu berenang pas menstruasi terus tiba-tiba darahnya berhenti kelua...