3 Tips Simple Cegah Nyeri Menstruasi
ask dr laurier

3 Tips Simple Cegah Nyeri Menstruasi

3 Tips Simple Cegah Nyeri Menstruasi

18 Nov 2019

3 Tips Simple Cegah Nyeri Menstruasi

Girls, nyeri pas menstruasi pasti bukan hal yang mengejutkan lagi buat kamu yang udah pernah merasakannya, iya kan? Bisa jadi karena kamu udah terbiasa dengan rasa nyerinya, sehingga kamu menganggap kalau nyeri menstruasi adalah kondisi yang memang harus dialami sama semua cewek. Kalau kamu beranggapan begini, sebenarnya nggak sepenuhnya benar lho, Girls!

Karena hasil penelitian menyatakan sekalipun kondisi ini termasuk wajar, tapi nyeri menstruasi tetap harus diatasi bahkan sebelum kamu alami, supaya nggak menurunkan kualitas hidup dan mengganggu aktivitas. Menurut Dr. Mary Jane Minkin, seorang profesor di bidang obstetrik dan ginekolog dari Yale School of Medicine, menyarankan tips-tips berikut untuk mencegah nyeri menstruasi:

?          Kekuatan otot

Kamu bisa melakukan aktivitas fisik dengan gerakan ringan untuk membantumu mencegah terjadinya nyeri saat menstruasi. Menurut Dr. Mary Jane, dengan melakukan olahraga teratur setiap hari selama 1 jam bisa menghasilkan kekuatan otot yang akan membantumu mencegah ketegangan otot dan terjadinya nyeri menstruasi.

?          Konsumsi kalsium

Kamu pasti udah sering dengar kan, Girls, kalau kalsium bermanfaat untuk menguatkan tulang dan mencegah osteoporosis? Nah, bukti medis memang menyatakan bahwa kalsium bisa meredakan PMS dan nyeri. So, sebaiknya kamu mengonsumsi 1.000 mg kalsium melalui makanan ataupun suplemen untuk mencegah nyeri menstruasi.

?          Antiinflamasi

Kamu bisa mengonsumsi jenis obat antiinflamasi seperti ibuprofen untuk mencegah tubuhmu memproduksi terlalu banyak prostaglandin, yaitu hormon yang memicu kontraksi otot. Dr. Mary Jane mengingatkan bahwa antiinflamasi sebaiknya dipakai sebelum nyeri atau kram perut terasa, supaya bisa mencegah nyeri secara optimal.

Simple banget kan, Girls? Kamu bisa langsung mencobanya di rumah ya! Tapi, biar tips-tips di atas berhasil, kamu juga harus menerapkannya secara teratur dan memperbaiki pola makanmu. Let’s try it!

Yuk, share artikel ini, supaya teman-teman cewekmu bisa menerapkannya saat menjelang menstruasi!

Related Articles
First Timer
24 Sep 2019

Tembus?! Nggak Usah Panik!

Di usia remaja, saat hormon reproduksi di dalam tubuh belum seimbang, biasanya volume darah menstrua...
First Timer
13 Aug 2019

Benar Nggak sih, Menstruasi Hari Pertama Itu Sedikit?

Hari pertama menstruasi biasanya darah yang keluar itu sedikit karena volume darah bakalan banyak di...
First Timer
05 Aug 2019

Cara Simple untuk Redakan Kram Perutmu!

Kram perut yang kamu rasakan pas lagi menstruasi pasti menyiksa banget kan, Girls? Kadang udah minum...