ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tips Jaga Kestabilan Mood Kamu Pas Menstruasi

3 Tips Jaga Kestabilan Mood Kamu Pas Menstruasi

20 Nov 2019

3 Tips Jaga Kestabilan Mood Kamu Pas Menstruasi

Selama siklus menstruasi, kamu pasti pernah merasakan emosi yang naik turun kan, Girls?  Termasuk pas kamu lagi sedih atau unhappy karena alasan yang nggak jelas. Rasanya pasti nggak enak banget kan, kalau tiap bulan kamu harus mengalami masa sedih seperti itu?

Mood yang kamu rasakan itu memang bagian dari salah satu sindrom menjelang menstruasi atau lebih dikenal dengan PMS. Biasanya kalau mood-mu lagi seperti ini, kamu akan sangat sensitif, seperti gampang tersinggung, stres dan cemas. Tapi, gejala ini biasanya akan hilang pada hari pertama kamu menstruasi kok, Girls.

Berdasarkan fakta medis, moody menjelang menstruasi berhubungan sama rendahnya hormon serotonin yang diproduksi otak. Serotonin adalah hormon yang berfungsi mengendalikan emosi dan suasana hatimu, Girls. Kalau kadar serotonin rendah, maka suasana hatimu akan sedih. Kurangnya produksi serotonin disebabkan karena rendahnya kadar estrogen dan progesteron di dalam tubuhmu.

Hal ini biasanya terjadi satu atau dua minggu sebelum menstruasi, dan berdampak sampai hari pertama menstruasimu. Kamu nggak perlu cemas, Girls, produksi serotonin bisa dijaga kestabilannya dengan beberapa cara di bawah ini lho!

  • Nutrisi seimbang 

Sebaiknya kamu mengonsumsi nutrisi seimbang, yang membuat tubuhmu sehat dan lebih berenergi, Girls. Nutrisi yang seimbang juga diperlukan untuk menstabilkan kadar gula darah, yang sekaligus menjaga produksi serotonin untuk mencegah moody terjadi.

  • Berolahraga

Girls, cobalah untuk melakukan aktivitas ringan. Karena saat berolahraga, tubuhmu akan menghasilkan endorfin ke dalam darah untuk memperbaiki mood-mu. So, kamu bisa kembali ceria dan beraktivitas dengan nyaman deh!

  • Relaksasi

Saat moody datang, lupakan sejenak masalah PR atau tugas-tugas yang harus diselesaikan saat itu juga. Sebaiknya, luangkan waktumu selama 30 menit, dan mulai lakukan hal-hal yang kamu senangi, seperti mendengarkan lagu, atau membaca beberapa halaman novel kesukaanmu. Setelah kamu merasa cukup segar, kamu bisa kembali lagi ke kegiatan rutinmu, Girls!

Simple banget kan, Girls? Kalau kamu tiba-tiba mengalami moody pas PMS, langsung lakukan hal-hal di atas ya, supaya mood-mu bisa balik lagi dan aktivitasmu nggak terganggu. You can beat your moody period, Girls!

Yuk, bagikan artikel ini ke teman-teman kamu, Girls! Supaya mereka bisa mengatasi moody-nya dengan tips-tips di atas.

Related Articles

First Timer
05 Dec 2019

Kok, Bisa Tembus sih?

Hal yang paling bikin khawatir pas lagi menstruasi adalah noda darah menstruasi yang tembus ke celan...
First Timer
27 May 2019

Kok Menstruasiku Lebih Cepet dari Biasanya sih?

Kalau siklus menstruasi tiba-tiba memendek dari siklus rutin, emang suka bikin pusing. Kadang mikir,...
First Timer
08 Nov 2022

Menstruasi Tidak Teratur? Hati-hati Hiperandrogen!

Rentang waktu siklus menstruasi setiap wanita biasanya berbeda-beda. Namun, normalnya, terjadi setia...