ask dr laurier
Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Tanda Menstruasi Pertama Akan Datang

3 Tanda Menstruasi Pertama Akan Datang

27 Nov 2019

3 Tanda Menstruasi Pertama Akan Datang

Bingung karena teman-temanmu udah mengalami menstruasi, dan kamu belum? Eits, nggak perlu cemas, Girls! Setiap cewek memang punya ritme pertumbuhannya sendiri-sendiri kok. Kamu bisa memastikannya dengan cara memperhatikan tanda-tanda khusus yang dialami tubuhmu. Rata-rata gejala ini terjadi antara usia 11 – 14 tahun. Tapi, ada juga yang mengalaminya lebih cepat dan ada yang mengalaminya lebih lambat lho, sekalipun nggak terjadi secara tepat dan berurutan. Nah, berikut ini beberapa kondisi penting yang bisa dijadikan tanda kalau kamu bakal mengalami menstruasi pertamamu, Girls!

  1. Payudara bertumbuh

Tanda pertama yang bisa dipastikan adalah perkembangan payudara. Biasanya putingnya akan terlihat tumbuh karena ada penambahan jaringan lemak dan kelenjar ASI di payudaramu yang mulai terbentuk. Payudaramu membutuhkan waktu minimal 4 tahun sampai mendapatkan bentuknya. Selama periode ini, kamu udah harus memakai training bra lho, Girls. Rata-rata 3 tahun setelah pembentukan payudara, kamu akan mengalami menstruasi pertamamu.

  1. Rambut tubuh

Setelah atau beberapa saat sebelum payudaramu bertumbuh, biasanya kamu akan menemukan rambut-rambut halus yang mulai tumbuh di area bawah perutmu sampai ke area antara paha atas. Rambut ini dinamakan rambut pubis. Fungsi dari rambut pubis ini untuk melindungi kelembapan vaginamu. Setelah itu, barulah tumbuh rambut di bawah lipatan tangan atas (ketiak). Proses ini akan berlangsung selama 12 - 24 bulan, lalu nggak lama kamu akan mengalami menstruasi pertamamu.

  1. Cairan vagina

Ini adalah tanda terpenting kalau kamu akan segera mengalami menstruasi pertama. Biasanya cairan vagina yang diproduksi tubuh terlihat putih susu atau agak kekuningan. Jangan cemas, Girls, kondisi ini sangat normal kok. Kalau terasa lembap, maka sebelum mengenakan pembalut, ada baiknya kamu berteman sama pantyliner dulu. Biasanya 12 - 18 bulan setelah produksi cairan vagina, kamu akan mengalami menstruasi pertamamu.

Sebenarnya selain perubahan yang terjadi pada tubuhmu ini, kamu juga bisa bertanya pada mama kapan dirinya mengalami menstruasi pertamanya. Karena biasanya kamu akan mengalami hal yang sama satu tahun setelah usia mamamu mengalami menstruasi pertamanya dulu lho, Girls!

Mulai sekarang kamu harus lebih peka sama kondisi tubuhmu ya! Supaya kamu menyadari kalau tanda-tanda di atas mulai muncul dan kamu alami. So, kamu bisa lebih siap menyambut menstruasi pertamamu nanti.

Yuk, ajak teman-temanmu buat baca artikel ini, Girls! Supaya mereka yang belum menstruasi, bisa memperhatikan tanda-tanda tersebut!

Related Articles

First Timer
10 Jun 2019

Tips Simple Atasi Nyeri Haid

Kamu tau nggak, Girls, kalau sebenarnya nyeri yang dirasakan pas lagi haid itu nggak cuma terjadi di...
First Timer
12 Nov 2021

Ampuh! Atasi Anemia dengan Zat Besi Saat Menstruasi 

Hai, girls! Siapa nih di sini yang sering banget dihantui oleh gejala PMS menjelang menstruasi ataup...
First Timer
11 Dec 2019

Info Seputar Pembalut yang Harus Kamu Tahu!

Girls, saat ini topik tentang pembalut lagi hangat dibahas, terutama soal keamanannya. Tapi, ada hal...