ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Pertanyaan yang Sering Muncul di Tahun Pertama Menstruasi

3 Pertanyaan yang Sering Muncul di Tahun Pertama Menstruasi

31 Aug 2019

3 Pertanyaan yang Sering Muncul di Tahun Pertama Menstruasi

Girls, kamu pasti udah tau banget dong, kalau menstruasi adalah peristiwa yang akan dialami setiap cewek saat memasuki masa puber? Pas pertama kali menstruasi, kira-kira ada nggak sih, pertanyaan-pertanyaan yang melintas di pikiranmu? Pasti ada kan? Atau malah banyak banget? Nah, berikut ini ada tiga hal yang sering ditanyakan para cewek di tahun pertama menstruasinya. Apa aja ya?

  • Kenapa sih, cewek mengalami menstruasi?

Pada dasarnya, menstruasi adalah proses di mana tubuhmu lagi membersihkan rahim untuk persiapan siklus reproduksi yang akan berlangsung. Jadi, menstruasi itu bagian dari proses reproduksi yang nantinya akan kamu alami setiap bulannya dimulai sejak menstruasi pertamamu (menarche).

  • Orang lain tau nggak ya, kalau aku lagi menstruasi?

Secara fisik, sebenarnya nggak ada tanda-tanda yang bisa menunjukkan kalau kamu lagi menstruasi, Girls. Orang lain akan tau kamu lagi menstruasi kalau emang kamu yang bilang sendiri. Atau mungkin secara nggak langsung terlihat dari perubahan sikapmu seperti gampang tersinggung, marah-marah, bad mood, mengeluhkan nyeri di bagian perut, sakit kepala dan malas gerak pasti bisa jadi clue untuk orang-orang di sekitarmu kalau kamu lagi menstruasi.

  • Aroma menstruasi bisa tercium sama orang lain nggak ya?

Darah menstruasi emang punya aroma yang khas karena nggak cuma darah menstruasi aja yang dikeluarkan, tapi ada juga selaput dinding rahim yang awalnya adalah sel hidup. Tapi tenang, Girls! Aroma menstruasi ini cuma bisa tercium sama kamu aja kok! Seperti pas kamu lagi ganti pembalut, BAK atau BAB. Kalau kamu masih worry aromanya bisa tercium sama orang lain, pastikan aja kamu menjaga kebersihan diri dengan baik selama menstruasi, seperti mandi dua kali sehari, ganti undies yang bersih setelah mandi, dan ganti pembalut minimal empat jam sekali.

Dari tiga hal di atas, mana yang pernah kamu pertanyakan, Girls? Wajar kok, kalau kamu belum banyak tau tentang menstuasi di awal tahunmu. Jadi, jangan ragu untuk bertanya sama mama atau kakak perempuanmu ya! Selain itu, kamu juga bisa belajar tentang menstruasi dan kesehatan area vagina lewat artikel ini, Girls!

Yuk, share artikel ini ke teman-temanmu yang lain, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
03 Sep 2019

Malu Pas Menstruasi? Lakukan 4 Hal Ini yuk!

Sama halnya seperti perubahan tubuh yang berlangsung selama masa puber, menstruasi juga kadang bikin...
First Timer
11 Dec 2019

Info Seputar Pembalut yang Harus Kamu Tahu!

Girls, saat ini topik tentang pembalut lagi hangat dibahas, terutama soal keamanannya. Tapi, ada hal...
First Timer
15 Nov 2019

Stay Active!

Kamu masih menganggap kalau menstruasi itu bikin nggak bisa aktif bergerak, Girls? Duh, salah banget...