3 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Siklus Menstruasimu
ask dr laurier

3 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Siklus Menstruasimu

3 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Siklus Menstruasimu

13 Aug 2019

3 Kebiasaan yang Bisa Ganggu Siklus Menstruasimu

Siklus menstruasimu sering terganggu nggak, Girls? Biasanya hal apa sih, yang menyebabkan siklus menstruasimu terganggu? Secara umum, hal-hal yang bisa mengganggu siklus menstruasi adalah pil kontrasepsi, jenis obat-obatan tertentu atau gangguan kesehatan. Tapi, ternyata ada kegiatan rutin biasa kamu jalani sehari-hari yang bisa membuat siklus menstruasimu terganggu lho! Hmm...kira-kira apa aja ya?

  • Bekerja shift

Berdasarkan hasil penelitian diketahui kalau pekerja perempuan yang menjalani profesi dengan waktu kerja bertukar antara siang dan malam hari punya risiko gangguan siklus menstruasi 33% lebih besar daripada perempuan yang bekerja dengan waktu tetap. Hal ini disebabkan karena kacaunya jam biologis tubuh (circadian time) yang mengatur berbagai fungsi, termasuk produksi hormon dan siklus menstruasi.

  • Olahraga

Girls, aktivitas fisik yang dilakukan selama berjam-jam setiap hari ternyata bisa mengganggu siklus menstruasi lho! Karena pada dasarnya, tubuhmu membutuhkan lemak untuk berovulasi. Jadi kalau lemak tubuh kurang, maka nggak cukup untuk mematangkan sel telur. Akibatnya nggak ada sel telur yang bisa dimatangkan, dan menstruasi bakal tertunda. So, lebih baik kamu berolahraga sewajarnya aja ya, maksimal satu jam sehari kalau lagi menstruasi. 

  • Stres

Udah bukan hal baru lagi kalau mendengar stres bisa mengganggu siklus menstruasi. Tapi siapa sih, yang bisa menghindari stres dalam kehidupaan saat ini? Deadline tugas, persiapan presentasi, komunikasi yang intens, kesedihan karena keluarga yang sakit atau meninggal, ujian, semua itu bisa menyebabkan kamu stres dan akhirnya mengganggu siklus menstruasimu. Sebenarnya ini adalah mekanisme alamiah yang dimiliki tubuh untuk mencegah terjadinya masalah baru. Saat kamu lagi stres, semua pikiran dan energi dikerahkan untuk bertahan serta mencari solusi, maka tubuhmu bakal menghentikan produksi hormon yang dibutuhkan untuk berovulasi supaya mencegah terjadinya pembuahan. 

Kalau kamu merasakan hal-hal yang mengganggu siklus menstruasimu seperti di atas, jangan sampai diabaikan ya! Karena itu sama aja kamu nggak peduli sama kesehatan tubuhmu. Kalau tubuhmu nggak sehat, aktivitas sehari-hari juga pasti bakal terganggu, Girls!

Jangan lupa untuk share artikel ini ke teman-temanmu supaya mereka tau hal-hal yang bisa mengganggu siklus menstruasinya!

Related Articles
First Timer
21 Oct 2021

Muncul Keputihan dari Vagina Bahaya Gak Sih?

Pernahkah kamu panik ketika muncul keputihan dari vagina? Kamu mungkin bertanya-tanya kenapa hal itu...
First Timer
14 Oct 2019

Hari Pertama Menstruasi Itu Penting Nggak sih?

Mengetahui kapan datangnya hari pertama menstruasi itu penting lho, Girls! Kenapa sih? Karena info s...
First Timer
10 Aug 2019

Malas Ganti Pembalut? Awas Kena TSS!

Girls, mengganti pembalut pas lagi menstruasi itu emang jadi hal yang penting banget untuk para cewe...