3 Gejala Menstruasi Nggak Normal yang Harus Kamu Tahu!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

3 Gejala Menstruasi Nggak Normal yang Harus Kamu Tahu!

3 Gejala Menstruasi Nggak Normal yang Harus Kamu Tahu!

19 Nov 2019

3 Gejala Menstruasi Nggak Normal yang Harus Kamu Tahu!

Hampir nggak ada cewek yang bilang, “Yeeeaaay... aku menstruasi hari ini!” Benar kan, Girls? Tapi kamu tau nggak sih, sebenarnya menstruasi menunjukkan kalau tubuhmu itu sehat lho! Malah kalau menstruasimu telat dan gejala PMS yang dialami nggak normal, maka kamu perlu waspada, Girls! Ini tandanya tubuhmu lagi mengalami hal yang nggak semestinya. Nah, berikut ini tiga gejala yang menandakan kalau kondisi menstruasimu nggak normal!

  • Sering mengganti pembalut

Mengganti pembalut setiap 4 jam saat menstruasi sebenarnya adalah hal yang normal dan disarankan lho, Girls. Tapi, bila pembalut yang kamu pakai terasa penuh dan lembap cuma dalam beberapa saat atau paling lama 1 jam setelah diganti, sebaiknya kamu waspada ya! Kondisi ini bisa menyebabkan anemia, karena tubuh kehilangan banyak sel darah merah dan belum tentu bisa memproduksi penggantinya dalam waktu cepat.  Bila kamu mengalami gejala ini, segera ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat supaya kamu nggak lemas dan tetap bisa aktif selama menstruasi.

  • Menstruasi nggak teratur

Hindari stres, olahraga berlebih, pertambahan atau pengurangan berat badan yang drastis ya, Girls! Karena hal itu bisa menyebabkan menstruasimu jadi telat, atau justru sama sekali nggak menstruasi. Tapi kamu nggak perlu panik, Girls! Kamu cukup ubah pola hidupmu jadi lebih baik, supaya siklus menstruasimu bisa kembali teratur. Tapi, kalau tiba-tiba kamu mengalami menstruasi lebih dari 10 hari, lalu bulan berikutnya kamu nggak menstruasi sama sekali, sebaiknya langsung periksakan dirimu ke dokter ya! Kondisi ini bisa aja sebagai gejala terjadinya PCOS, yang disebabkan karena gangguan hormon lho, Girls!

  • Nyeri dan kram perut hebat

Dua hal ini biasanya akan kamu rasakan menjelang menstruasi, Girls. Tapi, kalau nyeri dan kram sangat mengganggu, sampai kamu nggak bisa beraktivitas dan terjadi berulang-ulang setiap kali kamu menstruasi, maka ini adalah gejala gangguan yang serius. Kemungkinan kondisi ini dipicu oleh endometriosis. Gangguan ini perlu diatasi sampai tuntas, biar nggak menyebabkan gangguan serius sama tubuhmu, Girls. Sebaiknya, langsung pergi ke dokter kalau nyeri dan kram hebat yang kamu alami terjadi berturut-turut selama tiga kali periode menstruasi.

Girls, kalau kamu merasakan hal yang nggak biasa dengan menstruasimu, jangan ragu menyampaikannya pada mama, kakak atau perempuan dewasa yang bisa kamu percaya. Supaya kamu tau cara mengatasi dan memahami kondisimu. Atau kalau mau bertanya tentang masalah menstruasi, kamu bisa kirim pertanyaan ke https://menstruasi.com/Home/askDrLaurier . Tenang aja, pasti akan selalu dibalas kok, Girls!

Yuk, sebarkan artikel ini ke teman-teman kamu, Girls! Supaya mereka juga mengetahui info ini dan waspada dengan gejala ini.

Related Articles

First Timer
17 Sep 2019

Enjoy Sepanjang Hari Saat Menstruasi

Pas lagi menstruasi, pasti ada saat di mana kamu merasa nggak nyaman. Benar nggak, Girls? Tapi, lebi...
First Timer
17 Dec 2019

Jerawat yang Bikin Kesal Saat Menstruasi

Girls, pasti bete banget kan, kalau ada jerawat yang tiba-tiba muncul diwajahmu, apalagi datangnya p...
First Timer
19 May 2021

Tantangan Menstruasi Ekstra Deras dan Cara Mengatasinya

Hai girls! Pernah gak sih kamu merasa kalau tiba-tiba volume darah menstruasi keluar banyak banget? ...