2 Hal yang Jadi Masalah Cewek Pas Menstruasi
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

2 Hal yang Jadi Masalah Cewek Pas Menstruasi

2 Hal yang Jadi Masalah Cewek Pas Menstruasi

20 Aug 2019

2 Hal yang Jadi Masalah Cewek Pas Menstruasi

Walaupun udah jadi rutinitas bulanan, menstruasi kadang masih suka bikin khawatir dan nggak nyaman. Setuju nggak, Girls? Alasan utamanya adalah takut tembus karena banyaknya darah yang keluar, dan aroma darah yang nggak sedap takut tercium sama orang lain. Hmm….tapi benar nggak sih, apa yang kamu takutkan ini bakal terjadi?

Pada dasarnya, lama dan banyaknya darah menstruasi setiap cewek itu beda-beda. Ada yang mengalaminya dua sampai tiga hari, ada juga yang sampai tujuh hari. Walaupun darah menstruasi yang keluar kelihatannya banyak, sebenarnya cewek mengeluarkan darah rata-rata cuma 30 ml atau sama dengan dua sendok makan. Mungkin di antara kamu ada yang langsung bertanya, “Tapi kenapa terasa banyak ya?”. Jawabannya adalah karena yang kamu keluarkan bukan cuma darah segar aja, tapi selaput dinding dalam rahim juga ikut dikeluarkan, jadi terlihat kental dan banyak. Makanya, kamu perlu banget memakai pembalut yang siap menampung darah dan materi lain yang keluar selama menstruasi.

Nah, kalau untuk aroma darah menstruasi yang sering bikin kamu merasa risih, sebenarnya kamu nggak perlu khawatir tentang hal itu lho, Girls! Karena aroma itu cuma bisa tercium sama kamu sendiri, seperti pas lagi ganti pembalut, mandi, BAK dan BAB. Intinya, aroma dari darah menstruasi bakal menyebar saat bersentuhan langsung dengan udara. Jadi, kalau kamu lagi beraktivitas dan darah tertampung di pembalut, nggak bakal ada aroma yang tercium keluar kok, Girls!

Makanya, kamu harus memilih pembalut yang tepat pas menstruasi. Karena ternyata pembalut yang tebal belum tentu bisa menjamin nggak tembus pas lagi menstruasi lho! Bentuknya yang tebal malah bikin kamu jadi nggak nyaman bergerak dan harus sering membenarkan posisinya. Kalau udah begitu, bakal ada celah yang bisa bikin oksigen bersentuhan langsung sama aroma darah menstruasi yang khas itu. Duh, jangan sampe hal itu terjadi deh! So, kamu harus pilih pembalut yang bahannya nggak terlalu tebal, tapi bisa menampung banyak cairan menstruasi serta menjaga kesehatan vaginamu supaya kamu lebih pede dan bebas bergerak sepanjang hari!

Jangan lupa share artikel ini ke teman-temanmu ya, supaya mereka juga tau tentang info ini!

Related Articles

First Timer
07 Aug 2019

Capek Pas Menstruasi? Yuk, Usir Pakai 4 Langkah Ini!

Menstruasi bisa jadi saat yang nggak menyenangkan buat para cewek, karena mereka bakal mengalami ber...
First Timer
09 Jun 2021

Ketahui Ciri-ciri yang Menandakan Menstruasi Tidak Normal

Seperti yang sudah diketahui, setiap bulannya wanita yang alat reproduksinya sudah matang akan meras...
First Timer
18 Sep 2019

Berapa Banyak ya, Cairan yang Dibutuhkan Pas Menstruasi?

Girls, kamu harus tau nih, kalau para ahli kesehatan reproduksi menyarankan supaya kamu memenuhi keb...