10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!
ask dr laurier

Punya pertanyaan seputar kewanitaan dan Menstruasi?

10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!

10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!

26 Jul 2021

10 Mitos Menstruasi yang Perlu Kamu Ketahui, No. 10 Sering Terjadi!

Hai, girls! Siapa nih yang sering denger kalau lagi menstruasi itu gak boleh keramas karena pas menstruasi, pori-pori lagi terbuka dan bisa membuat kamu masuk angin? Atau gak boleh olahraga karena nanti bisa turun berok? Kalau kamu pernah mendengar hal tersebut dan percaya, artinya kamu udah termakan mitos terkait larangan menstruasi nih. Biar gak salah paham, yuk cek mitos-mitos tentang larangan menstruasi berikut ini. 

  1. Tidak Boleh Keramas
    Sering dengar larangan yang satu ini saat haid? Jadi, sebenarnya hal ini mitos atau fakta ya? Sampai saat ini belum ada penelitian yang menunjukan adanya efek dari keramas saat menstruasi. Keramas saat menstruasi dapat membuka pori-pori pada kepala dan menyebabkan rasa pusing dan membuat darah menstruasi menjadi lebih banyak adalah mitos. Keramas saat menstruasi dianjurkan untuk menjaga kebersihan kulit kepala kamu agar terhindar dari kutu, ketombe, penumpukan minyak di kulit kepala, dan bau kurang sedap dari rambut. 

  2. Menstruasi Lancar dengan Meminum Soda
    Siapa yang sering mendengar kalau minum soda saat menstruasi akan membuat darah menstruasi menjadi lebih lancar dan lebih banyak di awal sehingga waktu menstruasi akan menjadi lebih singkat dan rasa sakit selama menstruasi akan semakin berkurang? Tapi ternyata, hal itu adalah mitos belaka lho. Meminum soda saat menstruasi dapat membuat suasana hati kamu jadi memburuk karena kandungan gulanya yang tinggi. Selain itu, meminum soda dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti perut yang kembung dan diare.

    Hal yang bisa kamu lakukan jika ingin menstruasi lancar adalah konsumsi makanan sehat dan bergizi, perbanyak minum air putih, dan hindari stres. 

  3. Tidak Boleh Berenang
    Siapa nih sewaktu sekolah sering izin kelas berenang karena sedang menstruasi? Mitosnya berenang saat menstruasi dapat membuat air kolam menjadi merah. Sebenarnya ini soal rasa kenyamanan saja lho. Beberapa wanita kurang nyaman berenang saat menstruasi karena rasa takut darah akan keluar dan mengotori kolam. Faktanya, tekanan dalam air bisa menghambat darah menstruasi untuk keluar. Namun, alangkah baiknya kamu menggunakan pakaian yang nyaman saat menstruasi sedang deras-derasnya. Berenang saat menstruasi justru dapat membuat tubuh menghasilkan endorfin yang dapat membuat kamu menjadi nyaman dan bahagia. Baca tips berenang saat menstruasi di sini

  4. Jangan Minum Air Dingin 
    Jangan minum air dingin saat menstruasi, nanti darahnya jadi beku” Perkataan ini sering terjadi waktu kamu sekolah bukan? Perlu diketahui kalau itu hanya mitos belaka lho. Faktanya organ pencernaan dan organ reproduksi kita berbeda fungsi dan jalurnya. Jadi tidak mungkin pindah jalur ya. Meminum air dingin saat menstruasi atau tidak, justru dapat memperlancar metabolisme. Selain itu, tubuh akan mengeluarkan kalori ekstra saat kamu meminum air dingin untuk dicerna dan menjadi hangat di dalam lambung. 

  5. Jangan Meminum Obat 
    Hampir semua wanita pernah mengalami PMS atau premenstrual syndrome yang disertai dengan rasa nyeri pada perut dan sekitar alat reproduksi. Mitosnya, konsumsi obat dapat membuat kamu menjadi mandul. Untuk mengurangi rasa sakit saat menstruasi, kamu dapat mengkonsumsi paracetamol atau pereda nyeri lainnya agar aktivitas kamu tidak terganggu. Justru, selama menstruasi kamu disarankan meminum suplemen penambah darah karena saat proses menstruasi berlangsung, kamu mengeluarkan banyak darah dalam tubuh. Oh iya, pastikan juga untuk membaca anjuran dan indikasi obat yang kamu minum ya. 

  6. Tidak Boleh Berolahraga 
    Berolahraga membuat kamu menjadi turun berok adalah mitos yang banyak beredar nih. Sebenarnya hal ini tidak sepenuhnya mitos, ada beberapa olahraga yang tidak disarankan untuk dilakukan saat menstruasi seperti muay thai, angkat beban, bermain sepak bola, dan bermain bola basket. Faktaya, dengan berolahraga kamu dapat mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, meningkatkan mood, memperbaiki siklus menstruasi, dan membuat tubuh menjadi lebih bersemangat. Baca jenis-jenis olahraga yang bisa kamu lakukan saat menstruasi di sini

  7. Darah Menstruasi, Darah Kotor
    Banyak yang beranggapan bahwa darah menstruasi adalah darah yang kotor. Darah kotor inilah yang sering kali membuat wajah menjadi berjerawat saat menstruasi. Asumsi tadi adalah mitos belaka ya. Faktanya, darah menstruasi bukanlah darah kotor. Darah kotor di dunia medis digambarkan sebagai darah yang mengandung sisa metabolisme yang berbahaya bagi tubuh, misalnya karbondioksida. Penyebab jerawat yang timbul saat menstruasi disebabkan oleh perubahan hormon estrogen dan progesteron yang menyebabkan produksi sebum/minyak pada kulit menjadi lebih banyak. Sebum yang bercampur dengan debu akan membuat pori-pori tersumbat sehingga bakteri berkembang biak dan menimbulkan jerawat. 

    Adapun mitos lain yang menyebutkan bahwa darah menstruasi adalah darah kotor yang mengeluarkan racun sehingga tubuh akan menjadi sehat setelahnya. Darah menstruasi berisi darah, jaringan rahim, lendir vagina, dan bakteri. Jadi, tidak sepenuhnya benar ya kalau selesai menstruasi badan akan menjadi sehat. 

  8. Menstruasi Tidak Teratur, Ciri Ketidaksuburan  
    Siklus menstruasi yang tidak teratur bukanlah tanda wanita kurang subur ya. Wanita yang tidak subur disebabkan oleh beberapa hal seperti penyalahgunaan obat, gangguan ovulasi, tersumbatnya tuba falopi, pertumbuhan jaringan rahim (endometriosis), infeksi organ reproduksi, dan PCOS. Nah, PCOS memang kerap kali membuat wanita yang mengalaminya mengalami siklus menstruasi yang tidak teratur. Namun, bukan berarti siklus menstruasi yang tidak teratur secara langsung menyebabkan ketidaksuburan, diperlukan pemeriksaan hormon dan indikasi adanya PCOS terlebih dahulu. Siklus menstruasi yang tidak teratur juga bisa disebabkan oleh pola hidup dan pola makan yang kurang sehat lho. 

  9. Jangan Makan Ketimun, Menstruasi Jadi Lama
    Ada mitos yang menyebutkan bahwa mengkonsumsi ketimun akan membuat menstruasi menjadi lama karena darah menstruasi yang tersumbat. Selain itu, makan ketimun saat menstruasi bisa membuat darah menstruasi menempel pada rahim dan berkembang menjadi kanker. Anggapan tadi sudah dipastikan mitos ya. Faktanya, buah ketimun mengandung air yang baik untuk mencegah dehidrasi dan mencegah perut kembung lho. 

  10. Sahabat Memiliki Siklus Menstruasi Sama 
    Siapa yang pernah tersugesti kalau berdekatan dengan seseorang yang sedang menstruasi akan ketularan menstruasi? Atau kalau kamu bersahabat, pasti memiliki siklus menstruasi yang sama dengan sahabat kamu? Hal ini dinamakan dengan The McClintock Effect. Namun, dari beberapa penelitian yang dilakukan tidak mendukung adanya efek sinkronisasi tersebut dan merupakan kebetulan matematis saja. (Sumber : https://www.healthline.com/health/womens-health/period-syncing). 


Nah, itu dia 10 mitos tentang menstruasi yang ada. Beberapa diantaranya sering terdengar ya. Kesimpulannya, kamu tidak perlu khawatir dengan mitos-mitos yang ada. Proses menstruasi dapat terjadi karena pengaruh hormon dalam tubuh, ketidakseimbangan hormon kadang membuat siklus menstruasi tidak teratur, baik volume darah yang banyak/sedikit, maupun durasi yang memanjang dan memendek. Anggapan yang sudah terbukti ketidakbenarannya bisa kamu hindari agar kamu terasa nyaman saat menstruasi. 

Kamu juga bisa merasa nyaman saat menstruasi jika menggunakan pembalut yang tepat sesuai kebutuhan. Laurier dapat memenuhi semua kebutuhan kamu lho. 

Untuk kamu yang aktif, kamu dapat menggunakan Laurier Active Day X-Tra yang memiliki pengunci bocor instan penyerap cairan seketika sehingga kamu gak perlu worry bocor walau sedang deras-derasnya. 

Kamu juga bisa menggunakan Laurier Healthy Skin untuk menjaga kelembaban area kewanitaan kamu. Pembalut ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif karena memiliki inovasi 3D pori bergelombang yang dapat membuat pembalut tetap kering sehingga dapat mencegah iritasi akibat pembalut yang lembab. 

Untuk malam hari, kamu bisa menggunakan Laurier Celana Menstruasi yang memiliki daya serap 5x dari pembalut malam. Selain itu, pembalut ini terbuat dari bahan yang tipis dan lembut seperti celana dalam katun yang bikin kamu nyaman sepanjang malam tanpa khawatir takut tembus karena proteksi bebas bocor sampai ke pinggul. 

Related Articles

First Timer
04 Dec 2019

Bebas Mual Menstruasi

Girls, mual memang udah menjadi salah satu gejala pra-menstruasi atau PMS. Kondisi ini bisa membuatm...
First Timer
22 Aug 2019

6 Jurus Atasi Nyeri Punggung Pas Menstruasi

Biasanya para cewek mengalami nyeri perut menjelang atau saat menstruasi, tapi ternyata ada juga yan...
First Timer
17 Jul 2020

Apakah Aku Terlambat Mengalami Menarche?

Kamu udah mengalami menarche, Girls? Hmm….kira-kira kamu termasuk cewek yang telat mengalami ...