telat haid

PERTANYAAN
R
telat haid
27 December 2023

Halo dok, saya mau bertanya. Pada bulan november kemarin saya haid di awal bulan, kemudian ditanggal 25 saya mengeluarkan bercak darah kecoklatan. Sampai saat ini saya belum haid lagi dan payudara saya mengeluarkan susu. Tapi saat di test pack hasilnya negatif. Bagaimana ya dok?

Menstruasi
Jawaban
logo image
dr. Laurier
27 December 2023

Hi! Terima kasih ya sudah bertanya ke dr. Laurier!

Apakah setelah flek tersebut, hari-hari selanjutnya kamu masih mengalami flek? Jika iya, maka flek yang keluar tersebut bisa saja termasuk menstruasi. Siklus menstruasi yang normal adalah 21 – 35 hari dengan durasi 2 – 10 hari, dengan catatan 3 hari terakhir biasanya hanya berupa flek atau darah tidak keluar terlalu banyak. Keterlambatan menstruasi masih terhitung wajar jika tidak lebih dari 3 bulan sejak menstruasi sebelumnya. Jadi, jika melihat dari kasusmu, seharusnya masih terhitung wajar, ya.

Kemudian, jika boleh tahu, apakah beberapa hari sebelumnya kamu sempat mengalami kram? Jika iya, kemungkinan flek ini terjadi karena kram yang kamu alami saat PMS. Kram terjadi karena adanya pengencangan otot pada rahim. Bercak yang muncul pada hari pertama menstruasimu bisa disebabkan karena otot-otot pada rahim masih sedikit mengencang, sehingga darah menstruasimu tidak keluar seperti biasanya. Tetapi tenang saja, jika otot-otot pada rahimmu sudah mulai mengendur, maka darah menstruasimu pun akan keluar seperti biasanya.

Sementara, untuk gejala payudara mengeluarkan air susu padahal tidak hamil atau menyusui, maka ada kondisi yang dinamakan Hiperprolaktinemia. Di mana, kondisinya terjadi karena kadar hormon prolaktin di dalam tubuh tinggi dan menyebabkan terjadinya gangguan hormon sehingga membuat menstruasi menjadi tidak teratur. Hal ini juga yang dapat memengaruhi kesuburan. Untuk lebih jelasnya, sebaiknya segera periksakan diri kamu ke dokter kandungan agar mendapatkan pemeriksaaan lebih lanjut, ya. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaaan darah dan dicek juga kadar hormon prolaktin di tubuh. Apabila tinggi, maka untuk menurunkan kadar hormon prolaktin tersebut perlu untuk dilakukan pengobatan.

Nah, terkait pengecekan test pack, untuk lebih jelasnya, kamu bisa periksakan diri ke dokter kandungan agar mendapatkan informasi yang lebih jelas mengenai kondisimu. Atau bila selama 2 bulan berturut-turut kamu tidak menstruasi, test pack bisa dilakukan kembali di bulan berikutnya. Semoga informasi ini dapat membantu untuk menjawab pertanyaanmu, ya.

Salam,
dr. Laurier

Share now :

Pertanyaan terkait lainnya

H
Kenapa sakit?

Kenapa pada saat datang bulan sejak umur 30 ke atas sering sakit perut ya?

Menstruasi
27 May 2024
Lihat Jawaban
A
Menstruasi lama dan darah menggumpal

Saya setiap menstruasi selalu lama—kadang bisa lebih dari 15 hari—dan di hari pertama sampai ketujuh darah yang keluar sedikit bangetttt. ...

Menstruasi
27 May 2024
Lihat Jawaban
S
Volume darah haid naik turun

Dok, saya kalau menstruasi biasanya 5 harian aja. Tapi kenapa ya di hari ke-4 seringnya sudah gak ada lagi darahnya tapi di hari ke-5 ada lagi?

Menstruasi
20 May 2024
Lihat Jawaban
I
menstruasi

apakah jika mens telat 4-7 bulan itu adalah wajar? tapi pasien memiliki hypertiroid apakah itu juga salah satu penyebab telat mens? karena sebelum ter...

Menstruasi
17 May 2024
Lihat Jawaban